JawaPos Radar

Awas Keliru, Pahami Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro Ini

03/10/2018, 16:01 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Realme smartphone, Realme 2, Realme 2 Indonesia
Smartphome Realme 2 (Biasa). (Realme)
Share this image

JawaPos.com - Brand smartphone Realme akan memulai debutnya di Indonesia 9 Oktober mendatang. Beberapa kabar menyebut bahwa yang akan hadir di Indonesia adalah Realme 2. Realme 2 sendiri memiliki dua varian, yakni Realme 2 (biasa) dan Realme 2 Pro.

Untuk Realme 2 Pro sendiri memang belum diketahui apakah akan hadir pula di Indonesia atau tidak. Namun yang jelas, Realme 2 (biasa) dengan Realme 2 Pro memiliki perbedaan.

Selain penamaan, beberapa hal ini patut kamu ketahui soal pembeda antara Realme 2 (biasa) dan Realme 2 Pro. Berikut perbedaan yang JawaPos.com rangkum dari laman GSMArena pada Rabu (3/10).

Realme smartphone, Realme 2, Realme 2 Indonesia
Smartphone Realme 2 Pro. (DigitalTrends)

Realme 2 (Biasa)

Pertama, untuk memberikan ulasan soal perbedaan si kembar Realme 2, kami akan memulai dari Realme 2 (biasa) yang sudah dipastikan melenggang di market smartphone tanah air. Mulai dari yang paling krusial, dialah urusan dapur pacu alias jeroan smartphone yang bersangkutan. Realme 2 (biasa) hadir dengan sokongan chipset Qualcomm Snapdragon 450. CPU-nya sendiri memiliki kemampuan Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dengan padanan grafis Adreno 506.

Berpadu dengan mesin di area dapur pacunya, ada kombinasi RAM dan internal storage yang tak kalah penting. Realme 2 (biasa) hadir dengan 3 GB dan 4 GB RAM. Sementara internal storage atau yang biasa disebut ROM, Realme 2 (biasa) hadir dengan kombinasi 32 GB dan 64 GB ROM. Tidak perlu khawatir kurang, ruang simpannya masih bisa diekspansi dengan dukungan MicroSD, up to 256 GB (dedicated slot).

Beralih ke area selanjutnya, ada desain dan layar. Realme 2 hadir dengan dukungan layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors yang memiliki ukuran 6.2 inci. Realme 2 (biasa) juga sudah membawa desain kekinian dengan 81,2 persen screen-to-body ratio dengan resolusi 720 x 1520 pixels, 19:9. (271 ppi density). Smartphone ini juga sudah dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass 3 dan meterial berkilauan di bagian belakang tubuhnya.

Bergeser ke area fotografi, Realme 2 biasa telah dilengkapi dua buah kamera ganda pada bagian belakang sebagai penembak utama. Masing-masing ukurannya yakni 13 MP dengan f/2.2 AF dan 2 MP f/2.4 Depth Sensor. Beberapa fitur penting, antara lain, LED flash, HDR, panorama, dan perekaman video 1080p 30 fps. Pada bagian depan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera 8 MP f/2.2. Urusan kantong, smartphone ini dilego mulai harga sekitar Rp 1,8 jutaan.

Realme 2 Pro

Beralih ke produk selanjutnya, yakni Realme 2 Pro. Realme 2 Pro seperti namanya tidak hanya menambahkan embel-embel kata 'Pro' di bagian belakang namanya saja. Lebih jauh, Realme 2 Pro memiliki perbedaan yang cukup mencolok dibandingkan dengan versi Realme 2 (biasa). Dari segi desain saja sudah berbeda.

Realme 2 Pro membawa desain layar yang dilengkapi dengan Waterdrop Notch atau takik bermotif tetesan air. Efeknya, layar menjadi lebih lega jika dibandingkan dengan layar poni biasa.

Layarnya, kendati memiliki perbedaan pada poninya, namun Realme 2 Pro memiliki material yang sama dengan versi biasa yakni IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Ukurannya sendiri memiliki bentang 6,3 inci, dengan fitmen screen-to-bodi sebesar 84 persen. Resolusinya sebesar 1080 x 2340 piksel dengan aspek rasio 19,5:9 (409 ppi density) serta proteksi corning Gorilla Glass 3.

Selain layar, pembeda antara Realme 2 (biasa) dengan Realme 2 Pro adalah chipset-nya. Realme 2 Pro hadir dengan Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core (4x 2.0 GHz Kryo 260 dan 4x 1.8 GHz Kryo 260. Perfroma CPU-nya didukung dengan dukungan pengolah grafis (GPU) Adreno 512. Kombinasi RAM dan ROM-nya juga lebih besar ketimbang Realme 2 (biasa). Sebab pada Realme 2 Pro hadir ROM 64 GB dan 128 GB dengan kombinasi RAM 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Dukungan MicroSD hingga 256 GB juga tersedia.

Kameranya, dua buah kamera belakang juga hadir dengan ukuran 16 MP, f/1.7 dan 2 MP f/2.8. Kamera utamanya memiliki kemampuan perekaman video 2160p 30fps dan 1080p 30fps. Pada bagian depan, kamera Realme 2 Pro hadir dengan ukuran 16 MP f/2.0. Bicara harga, sebagai smartphone yang lebih profesional dari versi biasa, smartphone ini dilepas dengan harga mulai Rp 2,7 jutaan.

Dalam beberapa pemberitaan JawaPos.com sebelumnya, Marketing Director Realme SEA Josef Wang mengatakan, waktu dekat ini merupakan momen tepat untuk mengumumkan peluncuran pertama Realme di Indonesia. Terutama untuk segmentasi market Realme yang menargetkan anak muda. “Kami sangat bersemangat untuk segera memulai kehadiran kami di pasar Indonesia,” ujarnya demikian.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up