JawaPos Radar

Gara-gara Ratna Sarumpaet, Fadli Zon Dipolisikan

03/10/2018, 15:23 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Fadli Zon dipolisikan karena kabar pengeroyokan Ratna Sarumpaet.
Fadli Zon dipolisikan karena kabar pengeroyokan Ratna Sarumpaet. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kepolisian menerima tiga laporan terkait dengan berita bohong Ratna Sarumpaet yang mengalami pengeroyokan. Dari laporan tersebut ada beberapa orang yang dipolisikan.

Salah satu yang dilaporkan yakni Fadli Zon. Diketahui, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu beberapa kali memberikan pernyataan tentang kabar penganiayaan Ratna Sarumpaet ke awak media. Dia juga aktif menyebarkan informasi tersebut melalui akun Twitter miliknya.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, selain Fadli Zon, ada pula seseorang berinisial DS yang dipolisikan atas kasus ini. Sayangnya, Setyo enggan membeberkan siapa DS yang dimaksud. 

Infografis kasus Ratna Sarumpaet.
Infografis kasus Ratna Sarumpaet. (Rofiah Darajat/JawaPos.com)

"Iya termasuk dia (Fadli Zon), ada DS juga," sebut Setyo di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/10).

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta saat menggelar konferensi pers di Mapolda Metro Jaya mengatakan, ada empat laporan terkait kasus penganiayaan Ratna. Tiga di antaranya terkait berita bohong. 

Adapun pemberitaan bohong alias hoax yang dilaporkan sesuai Pasal 14 ayat 1 dan 2 dan Pasal 28 ayat 1 dan 2 juncto Pasal 125 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang setiap orang yang menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian.

"Pasal 14 tercantum barang siapa yang menyebarkan (berita atau pemberitahuan bohong, Red) akan dipenjara sepuluh tahun, penyidik di Bareskrim dan Polda Jabar masih melakukan pendalaman," tegas Nico.

Sebelumnya, kabar pemukulan Ratna Sarumpaet dibenarkan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak. Hal itu beranjak dari sebuah foto mirip Ratna dengan luka lebam di seluruh wajah.

Bahkan bukan hanya dirinya yang mendapat foto itu, melainkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga mendapatkannya. Seketika langsung dikonfirmasi dan Ratna membenarkannya.

Lebih lanjut, Fadli juga membenarkan Ratna mendapatkan penganiayaan di parkiran Bandara Husein Sastranegara‎, Bandung. Karena itu berdasarkan pengakuan dari Ratna Sarumpaet sendiri. "Kejadiannya kurang lebih seminggu yang lalu tepatnya di Bandung di parkiran bandara," ungkapnya.

(dna/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Polisi Bakal Periksa Ratna Sarumpaet 03/10/2018, 15:23 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up