JawaPos Radar

Dua Minggu Lagi, Pesawat Berbadan Besar Baru Dapat Mendarat di Palu

03/10/2018, 14:54 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Dua Minggu Lagi, Pesawat Berbadan Besar Baru Dapat Mendarat di Palu
Kondisi Bandara Mutiara Al Jufri pasca gempa (Boy Slamet/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Perhubungan mengatakan Bandara Mutiara Sis Al Jufri baru dapat dilalui semua jenis pesawat dua minggu lagi. Adapun, pemerintah memperkirakan anggaran yang diperlukan untuk merekonstruksi Bandara Mutiara Sis Al-Jufri, Palu sekitar Rp 60 miliar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan Bandara Mutiara punya dua sisi runway, yakni sisi 33 dan sisi 15. Dimana di kedua sisi tersebut terjadi retakan pasca gempa yang terjadi di Palu beberapa waktu lalu.

Terdapat retakan di salah satu ujung runway sepanjang 250 meter yakni sisi 15, akan tetapi 2.000 meter panjang runway di sisi 33 masih bisa digunakan. Meski begitu, Menhub Budi menuturkan di sisi 33 ada retakan kontruksi yang sulit untuk direcovery.

“Memang di sisi 33 ada crack ada kontruksi yang relatif susah direcovery sehingga membutuhkan waktu satu sampai dua bulan,” kata Budi Karya di Kantornya, Jakarta, Rabu (3/10).

Jika dua runway di sisi 15 dan sisi 33 sudah selesai direkontruksi, maka landasan yang dapat beroperasi menjadi 2.250 meter sehingga pesawat dengan tipe boeing 737 maupun airbus dapat mendarat dengan lebih leluasa.

“Kami percepat di sisi 15 selesai dalam 10 hari sampai 2 minggu,” jelasnya.

Adapun, Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan Paolana mengatakan kerusakan runway 33 yang cukup parah diharapkan bisa selesai dalam waktu dua bulan sehingga dalam waktu dua minggu ke depan semua jenis pesawat bisa memdarat di Bandara Mutiara Palu.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up