JawaPos Radar

Tak Usah Buru-buru, Pendaftaran CPNS 2018 Diperpanjang

03/10/2018, 14:44 WIB | Editor: Imam Solehudin
CPNS 2018
Ilustrasi Tes CPNS 2018. Pemerintah memperpanjang waktu pendaftaran CPNS 2018 hingga 15 Oktober (Imam Husein/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Batas waktu pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 diperpanjang selama lima hari dari deadline sebelumnya pada 10 Oktober 2018. Dengan adanya kabar baik tersebut, para pencari kerja kini bisa lebih leluasa untuk memilih formasi yang tersedia.

“Ya (diperpanjang), until (sampai) 15 Oktober,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan saat dikonfirmasi JawaPos.com, Rabu (3/10).

Ada beberapa pertimbangan sebelum keputusan tersebut diambil. Hal itu berdasarkan evaluasi yang dilakukan selama proses pendaftaran melalui portal sistem seleksi CPNS nasional (SSCN), yang mulai berjalan sejak 26 September lalu.

“Alasannya macam-macam. Berdasarkan evaluasi terhadap keluhan dan pengaduan yang masuk,” kata dia.

Dia mengaku mendapati berbagai kendala saat pendaftaran online. Terutama di daerah seperti Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang belum lama ini terkena musibah bencana gempa bumi.

“Ada yang karena daerah terdampak bencana seperti Lombok, ada yang jaringan internet di daerahnya terbatas, ada yang karena revisi formasi, ada yang prodinya tidak tepat, ada yang NIK-nya bermasalah, dan lain-lain. Banyaklah,” terangnya.

Masyarakat diharap bisa mengambil kesempatan dari perpanjangan waktu yang diberikan. Pemerintah dalam hal ini penyelenggara rekrutmen CPNS telah berlaku adil.“Kita tidak ingin merugikan masyarakat, semua berhak ikut seleksi jika persyaratannya memadai. Jadi jadwal diperpanjang,” tegas Ridwan.

Seperti diketahui, terhitung sejak 26 September 2018 pemerintah membuka lowongan formasi CPNS secara serentak di seluruh Indonesia. Kuota total formasi yang tersedia yang bakal diperebutkan calon abdi negara itu berjumlah 238.015 lowongan.

51.271 lowongan untuk penempatan di 76 kementerian/lembaga. Sisanya, 186.744 slot CPNS ada di 525 instansi daerah.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up