JawaPos Radar

Guru Honorer di Atas 35 Tahun Berpeluang Jadi ASN

03/10/2018, 14:20 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Muhadjir Effendy
Mendikbud Muhadjir Effendy di sela Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 di Jogjakarta, Rabu (3/10). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kesempatan kepada guru honorer berusia di atas 35 tahun untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Yakni, Mmendaftar melalui penerimaan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) Kerja. Pendaftarannya akan dibuka tahun ini.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, penerimaan CPPPK sudah diatur dalam Undang-undang ASN. Pembukaan pendaftarannya masih ditelaah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Nanti diterbitkan, akan ditandatangani Presiden. Kemampuan Kemenkeu seperti apa. Kalau Kemendikbud semakin banyak diangkat, semakin bagus. Kalau bisa (penerimaan dibuka) tahun ini," kata Muhadjir di sela Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 di Sahid J-Walk Mall, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Rabu (3/10).

Sementara pendaftaran CPNS untuk guru pada tahun ini kuotanya sebanyak 112 ribu orang. Rekrutmen guru ini merupakan yang terbesar sepanjang Indonesia merdeka.

"Ini untuk mengatasi ada penumpukan guru honor yang sekarang ada 735.806 orang. Kami tidak bisa memberi jaminan mereka, kecuali peluang melalui penerimaan yang sedang dibuka," ucap Muhadjir.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up