JawaPos Radar

Ledakan Bom dalam Pemilu Afghanistan, 13 Orang Tewas

03/10/2018, 13:47 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
ledakan bom, bom, afghanistan,
Ilustrasi Setidaknya 13 orang tewas dan 30 lainnya luka-luka setelah bom bunuh diri di Provinsi Nangarhar Timur Afghanistan pada hari Selasa (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Setidaknya 13 orang tewas dan 30 lainnya luka-luka setelah bom bunuh diri di Provinsi Nangarhar Timur Afghanistan pada hari Selasa. Dilansir dari Arab News pada Selasa, (2/10), Afghanistan sedang memulai pemilihan anggota parlemen.  Lebih dari 2.500 kandidat secara resmi meluncurkan kampanye pemilihan mereka pada 28 September, enam kandidat telah tewas dalam gelombang serangan oleh orang-orang bersenjata dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara kantong-kantong pemilu juga mendapat serangan. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan baru-baru ini yang terjadi sekitar tengah hari di daerah Sangar Saray di wilayah Kama, timur Ibu Kota Provinsi Jalalabad.

Salah satu calon anggota parlemen, Abdul Nasir Mohmand, yang menjadi sasaran serangan hari Selasa, terluka dalam ledakan bom.  sementara pelaku bom bunuh diri itu tewas di tempat.

ledakan bom, bom, afghanistan,
Polisi Afghanistan melakukan patroli mengamankan pemilu (AFP)

Tidak seperti dalam jajak pendapat sebelumnya, Taliban belum mengumumkan secara terbuka bahwa mereka akan menargetkan proses pemilihan, yang dianggap penting untuk stabilitas Afghanistan.

Sementara itu, kecurangan tetap menjadi perhatian utama untuk pemilihan parlemen, yang sudah tiga tahun terlambat dilakukan. Meningkatnya kekerasan dan kemungkinan serangan oleh Taliban dan Daesh adalah salah satu tantangan utama untuk hari pemungutan suara dengan lebih dari 2.000 tempat pemungutan suara. Sebelumnya, lebih dari 13.000 sudah ditutup karena ancaman keamanan.

(ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up