JawaPos Radar

Gara-gara Kabar Ratna Sarumpaet, Penyebarnya Dipolisikan

03/10/2018, 13:40 WIB | Editor: Bintang Pradewo
aktivis Ratna Sarumpaet dipukuli orang tidak dikenal
aktivis Ratna Sarumpaet dipukuli orang tidak dikenal (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Penyebar kabar aktivis Ratna Sarumpaet dipukuli di Bandara Bandung kini harus berurusan dengan pihak Kepolisian. Sebab mereka dilaporkan atas tuduhan penyebaran berita bohong.

"Ada tiga LP, yang dilaporkan orang yang menyebarkan (Ratna dipukuli di Bandung)," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta saat mengegelar konferensi pers di Gedung Promoter, Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/10).

Atas laporan ini, pihaknya pun bekerja sama dengan Bareskrim Polri dan Polda Jawa Barat untuk melakukan penyelidikan. "Ada laporan polisi yang masuk kemudian kita menyelidiki siapa saja yang menyampaikannya berita tersebut lalu alat buktinya apa saja, sehingga terang bahwa apakah ini murni tindak pidana," tutur Nico.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto enggan membeberkan siapa saja pihak yang dilaporkan. "Nanti itu penyidik akan menjelaskan lebih lanjut setelah ada pemeriksaan," sebutnya.

Namun dia menyarankan agar tidak usah ada laporan lagi ke Kepolisian. Sebab, dengan adanya empat laporan, kasus dugaan pemukulan Ratna ini sudah langsung diproses.

"Tidak usah lapor lagi lah, sudah cukup itu," pungkas Setyo.

Sebelumnya, kabar pemukulan Ratna Sarumpaet dibenarkan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak. Hal itu beranjak dari sebuah foto mirip Ratna dengan luka lebam di seluruh wajah.

Bahkan bukan hanya dirinya yang mendapat foto itu, melainkan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga mendapatkannya. Seketika langsung dikonfirmasi dan Ratna membenarkannya.

Lebih lanjut, Fadli juga membenarkan Ratna mendapatkan penganiayaan di parkiran Bandara Husein Sastranegara‎, Bandung. Karena itu berdasarkan pengakuan dari Ratna Sarumpaet sendiri. "Kejadiannya kurang lebih seminggu yang lalu tepatnya di Bandung di parkiran bandara," ungkapnya.

Hal ini pun memantik perhatian Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dia juga mengaku telah bertemu Ratna di kediamannya, untuk menelusuri masalah tersebut. Prabowo yang datang bersama, Amien Rais dan Fadli Zon, Ibunda artis Atiqah Hasioloan itu terlihat sangat trauma dan takut atas kejadian yang telah menimpanya. 

"Menurut kami itu suatu tindakan yang represif, tindakan yang di luar kepatutan, tindakan yang jelas melanggar HAM. Bahkan menurut saya, ini tindakan pengecut yang dilakukan terhadap seorang ibu-ibu berusia 70 tahun," ucapnya

(dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Polisi Bakal Periksa Ratna Sarumpaet 03/10/2018, 13:40 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up