JawaPos Radar

Polisi Terima Laporan Hoax Ratna Sarumpaet Dipukuli

03/10/2018, 12:47 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Aktivis Ratna Sarumpaet dipukuli orang tidak dikenal
Aktivis Ratna Sarumpaet dipukuli orang tidak dikenal (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kepolisian menerima  laporan terkait kasus dugaan pengeroyokan yang dialami aktivis Ratna Sarumpaet. Laporan tersebut diterima Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya.

"Ada tiga laporan polisi yang masuk di Polda Metro Jaya dan satu laporan di Bareskrim Polri. Mereka mencantumkan dan meminta polisi menyidik terkait pemberitaan bohong," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta saat mengegelar konferensi pers di Gedung Promoter, Pola Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/10).

Adapun pemberitaan bohong alias hoax yang dilaporkan sesuai pasal 14 ayat 1 dan 2 dan pasal 28 ayat 1 dan 2 juncto pasal 125 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) tentang setiap orang yang menyebarkan informasi untuk menimbulkan rasa kebencian.

"Pasal 14 barangsiapa yang menyebarkan akan dipenjara sepuluh tahun, penyidik di Bareskrim dan Polda Jabar masih melakukan pendalaman," tegas Nico.

Selain terkait hoax, ada pula laporan yang mendesak polisi mengusut pemukulan terhadap Ratna Sarumpaet.

Dari empat laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan. Ditemukan fakta bahwa pada  21-24 September Ratna berada di Rumah Sakit Bedah Bina Estetika.

Sementara sebelumnya diberitakan bahwa Ratna mengalami pemukulan  pada malam hari, 21 September 2018. Sebelum itu pun Ratna dikabarkan menghadiri pertemuan internasional di Bandung bersama dua rekannya yang berasal dari Srilangka dan Malaysia.

Kalau berdalih Ratna langsung lari ke Rumah Sakit usai dipukuli, menurut Nico hal tersebut tidak mungkin dengan berdasar fakta melalui CCTV dan data bahwa Ratna datang ke RS Bina Estetika pukul 17.00 WIB.

"Dari data tersebut ada perbedaan antara pemberitaan dengan fakta penyidik. Hal ini masih kami dalami. Karena ada laporan di Kepolisian. Sementara ini kami proses dengan mengumpulkan bukti-bukti lainnya," jelas Nico.

(dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Polisi Bakal Periksa Ratna Sarumpaet 03/10/2018, 12:47 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up