JawaPos Radar

Rupiah Anjlok ke Rp 15 Ribu, Rizal Ramli: Ini Baru Permulaan

03/10/2018, 12:23 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Rupiah Anjlok ke Rp 15 Ribu, Rizal Ramli: Ini Baru Permulaan
Rizal Ramli berkunjung ke JawaPos.com (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pergerakan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) makin lemas lantaran tren apresiasi dolar yang makin perkasa. Mengutip laman yahoo finance, dolar AS makin kuat di level 15.001 pada Selasa (2/10).

Hari ini, kurs tengah Bank Indonesia (BI) juga menunjukkan jika rupiah berada pada level Rp 15.088 per USD. Penguatan dolar lantaran peningkatan risk appetite setelah Amerika dan Kanada mencapai kata sepakat untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara.

Pengamat Ekonomi Rizal Ramli menyebut, pelemahan itu baru permulaan. Menurutnya, pelemahan masih akan terjadi mengingat tekanan perekonomian global masih menghantam dalam negeri.

"Mohon maaf ini baru permulaan," ujarnya dalam seminar nasional Fraksi Partai Golkar di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (3/10).

Ia menambahkan, masih ada tiga indikasi yang akan membuat rupiah terus melemah. Pertama, bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, masih memiliki ruang untuk menaikkan suku bunga.

Kedua, mantan Menteri Koordinator Kemaritiman itu menyebut, krisis yang dialami oleh negara berkembang ikut berimbas kepada Indonesia. Terakhir, dampak perang dagang AS-Tiongkok juga masih memberi pengaruh terhadap pelemahan rupiah.

"Sederhana, apakah the Fed akan menaikkan suku bunga? Ya. Apakah emerging market bakal punya dampak terhadap Indonesia? Jawabannya, ya. Trade war ada efeknya nggak? Pasti. Tapi dikatakan ini juga opportunity. Satu sisi ini krisis dari mata uang itu kesempatan," ujar mantan Menko Kemaritiman itu.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up