JawaPos Radar

Asian Para Games 2018

Klasifikasi Asian Para Games 2018 Dimulai Hari Ini

03/10/2018, 12:19 WIB | Editor: Banu Adikara
Asian Para Games 2018, INAPGOC, Kemenpora, Indonesia
Logo Asian Para Games 2018 (Dok Arsip Nasional Republik Indonesia)
Share this image

JawaPos.com - Asian Para Games 2018 tinggal tiga hari lagi. Para atlet difabel pun sudah mulai melakukan klasifikasi pada Rabu (3/10) hari ini.

Klasifikasi atlet sendiri bertujuan untuk menentukan jumlah nomor pertandingan di setiap cabang olahraga sesuai kondisi para atlet difabel yang akan bertanding nanti. "Atlet hari ini akan mulai dimasukkan ke nomor-nomor yang dipertandingkan. Ini penting karena kondisi para atlet yang ikut berbeda," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Imam menuturkan, momentum Asian Para Games 2018 ini adalah hal yang sangat penting bagi para atlet difabel. Pasalnya, mereka yang mendapatkan medali emas di ajang ini secara otomatis akan masuk langsung ke Paralimpiade 2020 mendatang.

"Maka dari itu, mereka pasti akan habis-habisan. Inilah kenapa klasifikasi menjadi sangat penting. Beda dengan Asian Games, di mana peraih medali emas di sana belum tentu lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo," katanya.

Proses klasifikasi ini akan dibagi menjadi tiga. Pertama adalah physical impairment (PI) untuk mreka yang menderita tuna daksa. Klasifikasi kedua yakni visual impairment (VI) bagi atlet penyandang tuna netra, dan ketiga intellectual impairment (II) untuk mereka yang menyandang disabilitas intelektual. Kasifikasi ini akan dilakukan oleh 91 classifier bersertifikat internasional.

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up