JawaPos Radar

Tergerak Bantu Korban, MRI Jakarta Raya Menuju Palu dan Donggala

03/10/2018, 11:26 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Tergerak Bantu Korban, MRI Jakarta Raya Menuju Palu dan Donggala
Ilustrasi: Bantuan kemanusiaan terus berdatangan ke Palu dan Donggala. (Sahrul Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gempa bumi dan tsunami yang meluluhlantakkan Kota Palu dan Kabupaten Donggala pada Jumat (28/9) malam masih menyisakan suasana mencekam. Belum sepekan, jumlah korban meninggal dunia tercatat sudah mencapai 1.234 jiwa.

Panggilan kemanusiaan pun disampaikan ke seluruh anak negeri. Tak terkecuali dari tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) asal Jakarta yang memenuhi panggilan kemanusiaan tersebut.

Koordinator Lapangan Tim MRI Jakarta Raya Tommy Tirta mengatakan, tim berjumlah 10 orang personel yang dipimpinnya menuju Palu, Sulawesi Tengah, memiliki misi penyelamatan dan penyaluran bantuan tenaga medis.

Dikatakannya, tim relawan berlatar belakang rescuer dan tenaga medis profesional. Tujuh di antaranya adalah rescuer berpengalaman, sedangkan tiga lainnya adalah tenaga medis bidan dan seorang paramedis terlatih.

"Pascagempa ini, Informasi yang diterima masih banyak jenazah korban tsunami dan gempa yang belum ditemukan. Apalagi, laporan orang hilang dan korban luka berat juga mencapai ratusan. Keadaan di sana masih membutuhkan anggota penyelamat dan tenaga medis" ujarnya, Rabu (3/10).

Tommy mengatakan, Tim MRI Jakarta Raya berangkat ke Palu dan Donggala sejak Selasa (2/10) dari sekretariat kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sebelum bertolak ke Palu-Donggala, segenap peralatan medis sudah dipanggul di pundak. Di samping itu, perbekalan dan alat-alat pelindung diri sudah disiapkan.

“Tugas utama kami tidak lain mengevakuasi korban dan tindakan medis yang sifatnya darurat. Kami berharap keberadaan kami di lokasi bencana dapat mempercepat proses evakuasi jenazah yang masih belum dipindahkan dari pinggir jalan, pesisir pantai, dan reruntuhan,” ujar Tommy.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up