JawaPos Radar

Kadis SDA DKI Klaim Kuantitas dan Titik Banjir Berkurang

03/10/2018, 09:50 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Kadis SDA DKI Klaim Kuantitas dan Titik Banjir Berkurang
Ilustrasi: Kadis SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan sebut kuantitas dan titik banjir berkurang. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengklaim bahwa kuantitas air saat musim penghujan yang mengakibatkan banjir berkurang. Bahkan, jika dulu banjir mesti ditunggu berhari-hari baru surut, saat ini hanya hitungan jam.

Hal ini diakui oleh Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan, dirinya mengatakan selama 3 tahun menangani banjir, persoalannya tetap di titik-titik yang sama. Namun, diakuinya ada perubahan setelah melakukan beberapa upaya.

"Yang jelas kalau dihitung secara kuantitas jumlah titik banjir, titik genangan ini jauh berkurang. Jadi yang terdampak dari banjir tahun ke tahun itu progresnya sangat signifikan penurunannya," ujar Teguh di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

"Sekarang bahkan ada yang memang intensitasnya paling lama sekitar 3 jam. Jadi ini sudah merupakan sesuatu ya katakanlah pengurangan-pengurangan terkait masalah banjir," tambahnya.

Teguh menyatakan ada beberapa titik yang sempat viral saat banjir seperti di Kampung Melayu dan Bukit Duri. Menurutnya, yang muncul ke permukaan itu bukanlah barang baru untuk terus dilanda banjir namun memang intensitas telah berkurang.

"Sederhana saja Kampung Melayu 2 - 3 tahun terakhir, Alhamdulillah tuh Bukit Duri bisa dilihat yang memang viral kok jadi nggak ada lagi. Ada penurunan jelaslah," tuturnya.

Dalam opsi penanganan banjir, Teguh melihat normalisasi waduk masih belum optimal dalam menahan banjir. Pasalnya, musim hujan dapat terus memungkinkan adanya banjir di Jakarta.

"Memang diprediksi sama seperti tahun lalu intensitas curah hujan akan tinggi di kawasan Selatan dan Timur Jakarta. Bahkan rawan longsor itu masih di wilayah Selatan dan Timur," terangnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up