JawaPos Radar

Kisah Sutopo Berhenti Menyanyikan Lagu Idolanya, Raisa

03/10/2018, 09:29 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Kisah Sutopo Berhenti Menyanyikan Lagu Idolanya, Raisa
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengaku berhenti menyanyikan lagu Raisa setelah divonis kanker paru. (dok.jpnn)
Share this image

JawaPos.com - Dedikasi terhadap tugasnya, Sutopo Purwo Nugroho tetap bekerja meskipun rasa sakit menjulur di seluruh tubuhnya. Penyakit kanker paru stadiun IV B, tak menghalangi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja. Apalagi, saat musibah berupa bencana alam melanda negeri ini.

Keberadaaannya mengawal setiap data terkait bencana tersampaikan ke masyarakat, membuat sosok Sutopo dikenal publik. Oleh karena itu, warganet berusaha memberikan apresiasi pada kerja keras Sutopo melalu tagar #RaisaMeetSutopo di Twitter.

Sutopo mengakui bahwa dia adalah fans berat Raisa. Beberapa cuitannya mengenai peringatan terjadi gempa atau bencana lainnya kerap disisipi dengan me-mention akun Twitter Raisa.

Raisa feat Kahitna - Mantan Terindah | (Kahitna Love Festival) (YouTube/Berlian Entertainment)

Namun, ternyata Sutopo mengaku akan mati gaya jika benar bertemu penyanyi idolanya, Raisa Andriana. Dia bingung hendak mengatakan apa atau membicarakan apa dengan Raisa. Apalagi, yang dikuasainya hanya persoalan terkait kebencanaan.

"Nanti kalau saya beneran ketemu Raisa apa nggak mati gaya saya. Mau ngomong apa. Diajak ngomong bencana pasti nggak nyambung hehe," kata Sutopo melalui pesan singkat pada JawaPos.com, Rabu (3/10).

Sutopo mengaku baru mengetahui tagar #RaisaMeetSutopo saat sudah sampai rumah. Pasalnya, kemarin dia sibuk hadiri konferensi pers dan terkejutlah dia saat menyalakan handphone di rumah, media memberitakan tentangnya yang mengidolakan Raisa.

"Masya Allah. Saya seharian nyiapin bahan ratas di Istana, Konpres di BNPB. Lalu, konpres di Kominfo dan malam ikut bentar ILC Tv One. Saya seharian tidak sempat buka Twitter karena HP keduanya lowbat. Begitu nyampe rumah buka medsos, lha kok ada #RaisameetSutopo. Malah sempat trending topic. Temen-temen bikin berita. Kaget saya," lanjut Sutopo.

Kemudian, Sutopo kembali mengungkapkan amat tidak percaya diri untuk bertemu dengan Raisa. Dia berkelakar takut terjebak nostalgia jika akkhirnya bertemu dengan sang idola.

"Janganlah ketemu, nanti saya malah 'Terjebak Nostalgia'. Bisa juga 'Serba Salah' malah celakanya kalau saya sampai 'Jatuh Hati' dan akhirnya menganggap sebagai 'Mantan Terindah',hahaha," kelakarnya menggunakan judul lagu milik Raisa.

Sutopo mengaku tidak ingat pasti kapan mulai mengagumi istri Hamis Daud ini. Pastinya, dia hapal beberapa lagu milik Raisa dan mulai berhenti menyanyikannya sejak divonis mengidap kanker paru.

"Tahun berapa ya (mulai suka), lupa. Dulu, saya suka nyanyi lagu Raisa, makanya hapal beberapa lagunya. Tapi, sejak divonis kanker jadi nggak bisa nyanyi," paparnya.

Dia pun bercerita bahwa cengkok lagu-lagu Raisa sulit diikuti. Namun, lagu yang paling disukainya adalah Mantan Terindah milik Kahitna yang dinyanyikan lagi oleh Raisa.

"Pernah saya nyanyikan (Mantan Terindah) saat ada acara di kantor. Pejabat lain kalau nyanyi kan lagu jadul seperti lagunya Broery, Koesplus, Bimbo dan yang kuno lah. Waktu saya di panggung nyanyi Mantan Terindah, pegawai-pegawai BNPB yang muda-muda teriak histeris suka banget. Pada ikut nyanyi, katanya Pak Topo kekinian banget," kenang Sutopo.

Lagu Mantan Terindah pun dirasa cocok baginya untuk dipersembahkan ke teman-teman media. Dengan percaya diri, Sutopo berkata jika masa kerjanya telah habis, humas penggantinya belum tentu akan memiliki sikap sepertinya.

"Itu lirik lagu Mantan Terindah pas banget buat temen-temen media kalau saya sudah nggak jadi Humas BNPB lagi, "yang tlah kau buat, sungguh lah indah, buat diriku susah lupa...". Nggak bakalan nanti Humas pengganti akan bisa seperti saya yang setia melayani wartawan," tukasnya sambil tertawa.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up