JawaPos Radar

Gandeng Perusahaan Truk, KAI Beri Tarif Efisien Buat Angkutan Logistik

03/10/2018, 09:26 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Gandeng Perusahaan Truk, KAI Beri Tarif Efisien Buat Angkutan Logistik
Ilustrasi angkutan kereta api. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen menambah kinerja angkutan barang atau KA logistik. Hal ini seiring dengan langkah pemerintah mengurangi pelanggaran angkutan logistik bermuatan berlebih.

Per 1 Agustus 2018, pemerintah mengeluarkan aturan tilang terhadap pelaku pelanggaran angkutan logistik yang bermuatan lebih (overloading) dan kelebihan dimensi (over dimension). Ancamannya pidana kurungan satu tahun. 

Namun, pemilik angkutan logistik enggan memilih kereta api sebagai moda mereka. Hal ini lantaran adanya double cost yang mesti ditanggung jika menggunakan kereta api. 

VP Non Container Kalog Edi Sudiarto mengatakan perlu kolaborasi dengan perusahaan truk supaya pengguna jasa bisa one stop service. Artinya, jika sudah menggunakan kereta api, pengguna tak perlu lagi menyewa truk.

"Mesti kolaborasi. Jadi one stop service. Sedang kita hitung karena akan ada dampak lain. Misalnya KAI ini ada sarana yg produktivitasnya sudah ditetapkan," kata Edi di Jakarta, Selasa (2/10).

Dia menuturkan Kalog sampai hari ini mesti mengeluarkan 20-30 persen biaya itu untuk trucking. Nantinya, jika sudah menggandeng perusahaan truk, bisa jadi pola kerjasamanya transaksional.

Adapun, meski belum sesuai harapan volume angkutan barang yang diangkut KAI menunjukkan peningkatan. Pada 2016 volume angkutan barang mencapai 32,4 juta ton. Jumlah ini naik 23,7 persen pada 2017 yakni 40,1 juta ton.

Tercatat, KAI juga telah bermitra dengan 50 stakeholder distrubusi barang yang mengangkut lebih dari 20 komoditas dengan 262 perjalanan kereta di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sebagian besar angkutan barang KAI adalah batu bara yakni 66 persen disusul oleh angkutan semen 14 persen dan peti kemas 10 persen.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up