JawaPos Radar

MotoGP 2018

Tantangan Bagi Mekanik Tim Pabrikan Pada Debut Sirkuit Buriram

03/10/2018, 08:37 WIB | Editor: Bagusthira Evan Pratama
MotoGP 2018, MotoGP Thailand, Sirkuit Buriram
Sirkuit Internasional Buriram yang terletak di Thailand akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap MotoGP. (Buriram Times)
Share this image

JawaPos.com - Sirkuit Internasional Buriram yang terletak di Thailand akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap MotoGP. Dengan panjang lintasan 4,5 Km dan 12 tikungan, sirkuit itu menyajikan balapan dengan karakteristik belokan berkecepatan tinggi.

Tentunya hal tersebut turut memaksa para mekanik tiap tim untuk menyiapkan motor para pembalapnya agar sesuai dengan karakter lintasan. Terlebih lagi tahun 2018 menjadi debut Sirkuit Buriram dalam ajang MotoGP.

"GP Thailand mirip seperti GP Austria. Karena bisa dibilang masuk ke dalam lintasan yang agresif. Sangat gampang membuat pembalap melakukan kesalahan. Harus melakukan pengereman dengan keras karena gampang melewatkan titik pengereman di setiap tikungan," ucap mekanik tim Ducati, Alberto Giribuola seperti dilansir dari laman resmi MotoGP.

Hal senada juga diungkapkan oleh mekanik tim Movistar Yamaha, Ramon Forcada. Dia menilai, meskipun setiap tim sudah diberikan kesempatan untuk menguji sirkuit itu pada saat pramusim 2018 bulan Februari lalu, namun lintasan ini tetap sulit untuk dikuasai.

"Saat melakukan tes ketika pramusim, tingkatan grip sangatlah rendah. Ini pertama kalinya menggunakan lintasan itu dalam seri MotoGP. Kami belum bisa mengetahui keadaan lintasan dan apa yang akan kami lakukan nanti," tambahnya.

Namun hal sebaliknya diungkapkan oleh mekanik Repsol Honda, Santi Hernandez. Meskipun lintasan ini sulit dan dia masih meraba-raba, namun timnya sudah memiliki data saat menjalani tes pramusim. Alhasil dia tinggal memutuskan setingan yang bagus untuk motornya.

"Kita harus lebih fokus di Buriram. Kita sudah pernah balapan di sirkuit tersebut. Memang setingan motor saat ini berbeda dibandingkan saat itu, jadi kita tinggal membandingkan setingan mana yang lebih bagus," jelasnya.

Sebagai info, GP Thailand bakal digelar pada Minggu (7/10) mendatang. Balapan ini akan dimulai pada pukul 14.00 siang waktu setempat.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up