JawaPos Radar

Tiga Member JKT48 Ungkap Keinginan Punya Banyak Kostum Nuansa Batik

03/10/2018, 07:20 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Tiga Member JKT48 Ungkap Keinginan Punya Banyak Kostum Nuansa Batik
Tiga member JKT48 saat bertandang ke kantor Jawa Pos, Jakarta, (kiri ke kanan): Yupi dari Tim J, Yona dari Tim KIII, dan Zara dari Tim T. Ketiganya berbagi cerita mengenai JKT48 Circus Part 2. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Masih dalam momen Hari Batik Nasional, grup idola JKT48 ternyata memiliki keinginan terpendam. Mereka ingin lebih banyak memiliki kostum yang bernuansa batik. Sebab, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia.

Apalagi, ternyata dari hampir 50 kostum, JKT48 baru memiliki satu kostum yang bernuansa batik, yakni saat merilis single ke-18 berjudul Kimiwa Melody atau Dirimu Melody.

"Kita ada Kimi wa Melody kan kostumnya batik. Tapi, kita ingin lebih banyak lagi ada kostum batik. Biar Indonesia banget," kata member Tim J JKT48, Cindy Yuvia saat bertandang ke kantor Jawa Pos, Jakarta, Selasa (10/2).

Tiga Member JKT48 Ungkap Keinginan Punya Banyak Kostum Nuansa Batik
Zara JKT48 mengenakan kostum bernuansa batik saat rilis single 'Kimi wa Melody' atau Dirimu Melody. (DHIMAS GINANJAR/JAWA POS)

Gadis yang akrab disapa Yupi ini mengungkapkan para member JKT48 sesungguhnya menyukai batik. Dara 20 tahun ini mengaku lumayan banyak memiliki koleksi kemeja batik.

Menimpali, member Tim T JKT48, Adhisty Zara, mengaku juga memiliki banyak koleksi kemeja batik. Apalagi, dia masih sekolah, sehingga batik adalah seragam wajib yang dikenakan saat hari Kamis.

"Kalau aku kebanyakan punya batik warna pink, pink. Batik aku kebanyakan di bagian lehernya berbentuk kotak gitu," ungkap Zara.

Sementara itu, member Tim KIII JKT48, Viviyona Apriani ternyata memiliki pengalaman tak terlupakan terkait batik. Yona mengungkapkan pernah hunting batik di pasar Tanah Abang untuk seluruh member Tim KIII.

"Aku pernah hunting batik. Waktu itu (JKT48 Circus di Yogyakarta) KIII temanya kearifan lokal. Janjian pas handshake pake batik kan. Terus aku pergi ke Tanah Abang dan di grup bilang, 'siapa nih yang mau nitip batik?' Di Tanah Abang murah-murah," kenang Yona.

Namun, ternyata Yona memiliki selera sendiri jika berbicara batik. Yona suka batik motif mega mendung dari Cirebon. Bahkan, Yona mengaku punya satu baju batik kesayangan yang kerap digunakan saat ke kampus.

Menariknya, mahasiswi jurusan desain interior ini mengungkapkan bisa mendapatkan makanan gratis jika ke kampus menggunakan batik setiap hari Kamis.

"Batik kan udah bagus-bagus modelnya. Dipakainya juga gampang," ungkap Yona.

Ditanya koleksi batiknya, Yona mengatakan banyak memiliki koleksi kain, rok, hingga celana batik. Sebab, dia lebih suka memadukan batik dengan atasan blus atau kemeja.

"Lumayan banyak. Saya juga sering kondangan. Jadi, harus punya banyak," pungkas Yona.

Diketahui, kostum batik yang dikenakan dalam video musik single Kimi wa Melody merupakan ide dari member JKT48 yang sudah lulus, Melody Nurramdhani Laksani. Ketika itu, Melody ingin JKT48 punya kostum yang mewakili nuansa Indonesia.

"Ada keinginan dari dulu, lantas manajemen bilang konsepnya seperti ini (batik). Belum pernah kostumnya seperti ini. Kebaya dicampur batik. Aku senang banget," kata Melody akhir tahun 2017.

(agi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up