JawaPos Radar

Pilpres 2019

Demi Jokowi-Ma'ruf, 1500 Kiai Kampung Seluruh Jabar Siap Deklarasi

02/10/2018, 20:59 WIB | Editor: Dimas Ryandi
PB MDHW
Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW) saat menggelar pers conference terkait dukungan 1500 kiai kampung seluruh Jawa Barat (Jabar) untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf. (Gunawan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah kiai kampung se-Jawa Barat berkumpul untuk mendeklarasikan dukunganya pada pasangan Jokowi-Ma'ruf di pilprs 2019. Dukungan itu akan disampaikan dalam acara yang digelar Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW).

Acara dukungan yang akan digelar di Pesantren Al Muhajirin, Sukatani, Purwakarta, Rabu (3/10) tersebut akan mengusung tema, 'Doa untuk Sulawesi Tengah & Halaqah Kebangsaan Syuriyah NU dan Kyai Lembur II-III Jawa Barat.'

Sekretaris Jenderal PB MDHW Hery Haryanto Azumi mengatakan, rencana deklarasi dukungan kiai kampung buat Jokowi-Kiai Ma’ruf itu sekaligus untuk mendoakan para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Sebelumnya kita berdoa bersama untuk saudara kita Palu. Kemudian acara dilanjutkan dengan deklarasi dukungan 1500 kiai kampung Jabar untuk Pak Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” ujar Hery di Jakarta, Selasa (2/10).

Lebih lanjut dijelaskan Hery, dukungan kiai kampung kepada Jokowi-KH Ma’ruf Amin tentunya sangat penting. Karena secara sosio-kultural, pengaruh kiai kampung sangat kuat pengaruhnya di masyarakat. 

”Para kiai itu lah sesungguhnya penyambung lidah rakyat dan umat. Kiai kampung punya kepemimpinan yang mengakar dan langusung bersentuhan dengan umat,” katanya.

Hery berpandangan bahwa dalam tradisi nahdliyin, kiai tidak sekadar tokoh panutan dalam urusan agama. Kiai kampung juga rujukan dalam beragam hal kehidupan, termasuk dalam urusan pilihan politik.

”Pasangan capres-cawapres yang mampu mendapatkan dukung kiai (kampung) berpeluang besar memenangkan kompetisi,” terangnya.

Menurut Hery, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan pasangan ideal bagi Indonesia. Pasalnya, satu mewakili kelompok nasionalis dan yang satu lagi mewakili kelompok Islam.

”Selain mewakili kelompok nasionalis dan Islam, Jokowi-KH Ma’ruf Amin merupakan pasangan yang rekam jejak dan prestasinya jelas, pasangan ini pilihan terbaik untuk cita-cita menuju Indonesia Emas 2045,” pungkasnya.

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up