JawaPos Radar

Versi Wartawan Otomotif Indonesia

Mistubishi Xpander Jadi Car of The Year 2018

03/10/2018, 03:10 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Mistubishi Xpander Jadi Car of The Year 2018
Pengurus FORWOT dan kelima finalis FORWOT Car of The Year 2018 (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Ajang tahunan pemilihan mobil terbaik versi Forum Wartawan Otomotif Indonesia FORWOT Car of The Year 2018 akhirnya menahbiskan Mistubishi Xpander sebagai jawaranya. Small MPV andalan Mitsubishi Motors itu mendapatkan poin tertinggi dalam proses penilaian para wartawan.

Sejak awal proses pemilihan dan penilaian mobil-mobil baru yang meluncur pada periode periode Agustus 2017 - Juli 2018 berlangsung ketat. Penilaiannya sendiri dilakukan oleh 33 jurnalis terpilih berdasarkan pengalaman dan jam terbangnya.

Dalam proses penilaian segala aspek yang melekat pada mobil menjadi pertimbangan mulai dari Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental Requirement, Driver Satisfaction, dan Price.

Akhirnya, proses panjang penilaian membawa Mitsubishi Xpander berhasil unggul dengan memperoleh 216 poin, diikuti Suzuki Ertiga (160 poin), Wuling Cortez (160 poin), Toyota Rush (141 poin), dan DFSK Glory 580 (133 poin).

Hasil ini menunjukkan jika segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) kembali menjadi pilihan para wartawan otomotif sebagai mobil terbaik. Sebelumnya, tiga tahun berturut-turut gelar juara selalu diraih mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV).

Kehadiran Xpander sejak Agustus 2017 lalu memang menyedot perhatian dunia otomotif Indonesia. Small MPV bermesin 1.5 liter dan diproduksi di Indonesia bahkan sukses menjadi model terlaris dalam beberapa bulan terakhir.

"Tahun ini pertarungan merebutkan gelar FORWOT Car of the Year semakin seru. Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas. Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal China, DFSK dan Wuling, dalam posisi lima besar. Ini membuktikan brand-brand asal Cina mulai diperhitungkan bertarung dengan brand-brand asal Jepang, Eropa, Korea, dan India," kata Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT saat penyerahan penghargaan di Jakarta, beberapa waktu lalu

Bambang Kristiawan, Head of PR & CSR Dept PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan sangat mengapresiasi para wartawan otomotif yang selama ini telah mendukung Mistubishi dan semua brand otomotif untuk memberikan produk terbaiknya bagi masyarakat.

“Kami sangat excited dengan penghargaan ini, karena tak mengangka Xpander akan menjadi yang terbaik di tahun ini. Kami harap ke depan industri otomotif lebih maju dengan kerjasama yang baik antar semua pihak,” tukasnya.

Berikut Daftar Forwot Car of The Year sejak 2009 :

-          2009: Toyota Prius

-          2010: (Tidak Diselenggarakan)

-          2011: (Tidak Diselenggarakan)

-          2012: Honda Brio

-          2013: Kia Carens

-          2014: Honda Jazz

-          2015: Honda HR-V

-          2016 : Mitsubishi Pajero Sport

-          2017: Honda CR-V

-          2018: Mitsubishi Xpander

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up