JawaPos Radar

Penyebar Hoax Bikin Resah Korban Gempa Sulteng Akan Ditangkap

02/10/2018, 19:23 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Penyebar Hoax Bikin Resah Korban Gempa Sulteng Akan Ditangkap
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan penyebar hoax yang meresahkan masyarakat khususnya korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, akan ditangkap. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Jangan sampe muncul hoax, berita tidak benar meresahkan masyarakat tidak enak dan tidak elok, presiden instruksikan Kapolri siapapun yang dapat bencana seperti ini dan memanfaatkan keprihatinan ini untuk kepentingan yang meresahkan masyarakat segera kita tangkap," ujarnya di Istana, Jakarta, Selasa (2/10).

Dia mengakui, tidak seharusnya bencana penuh duka itu malah dijadikan ajang fitnah. Seharusnya, kejadian tersebut dijadikan momentum untuk saling mengulurkan tangan.

"(Memang) masih banyak kekurangan tapi sebaiknya disampaikan secara langsung," tuturnya.

Untuk itu, kata Basuki, informasi terkait bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah akan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Berita-berita resmi akan kita keluarkan lewat pintu yang pasti, kita tunjuk humas BNPB untuk jelaskan penjelasan akurat ke masyarakat sedangkan yang lain disesuaikan dengan pokok informasi yang disusu oleh badan resmi yang kita tunjuk," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up