JawaPos Radar

Gempa Sulteng

Dianggap Berpengalaman di Aceh, Fahri Hamzah Minta JK Turun Gunung

02/10/2018, 18:43 WIB | Editor: Kuswandi
Fahri Hamzah
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu (Sabik/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Belakangan ini Indonesia tengah kerap diserang bencana alam, khususnya gempa bumi. Setelah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bencana gempa bumi dan tsunami merenggut banyak korban di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Menanggapi hal itu, Wakil ketua DPR RI Fahri Hamzah mengharapkan, penanganan bencana di Sulteng dan NTB dapat ditangani langsung oleh wakil presiden Jusuf Kalla (JK). Menurutnya, JK dinilai telah memiliki pengalaman dalam menangani persoalan bencana alam.

"Sebaiknya Pak JK yang memimpin penanganan bencana ini, karena Pak JK berpengalaman waktu tsunami. Dua bulan waktu habis dilantik tsunami Aceh meledak, dan alhamdulillah relatif kesannya baik sampai sekarang. Tsunami aceh itu penanganannya itu excellent," Kata Fahri, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, (2/10).

Di sisi lain, Fahri juga memuji penanganan tsunami Aceh di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan JK. Dia bilang, kala itu penanganan bencananya disoroti dunia.

Bahkan, kata dia, usai tiga hari tsunami menerjang Aceh, SBY menerapkan terobosan open sky policy. Artinya, langit Aceh dan Indonesia secara umum boleh diterbangkan oleh pesawat apapun demi memberikan bantuan.

"Sementara ini kita terisolasi di Sulawesi kok tidak ada gitu loh terobosan-terobosan. Tolong Pak JK ambil inisitif. Saya lebih setuju Pak JK yang mengambil tugas hari-haru menangani bencana di NTB dan Sulteng ini," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up