JawaPos Radar

Atlet Paralayang yang Tewas Saat Gempa Palu Pernah Dibayar Rp 2 Ribu

02/10/2018, 18:03 WIB | Editor: Dida Tenola
Atlet Paralayang yang Tewas Saat Gempa Palu Pernah Dibayar Rp 2 Ribu
Atlet Paralayang, Ardi Kurniawan, semasa hidup. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com- Ardi Kurniawan, atlet paralayang asal Kota Batu yang meninggal dunia saat gempa Palu, telah mengukir banyak prestasi. Salah satu yang paling dikenang adalah raihan 2 medali emas Sea Games 2011. 

Ibunda Ardi, Asminah, 47, menceritakan,putra sulungnya itu sudah menyukai paralayang sejak duduk di bangku SD. "Awalnya suka ngelipat parasut dan dibayar Rp 2 ribu," ceritanya kepada JawaPos.com.

Setelah itu, Ardi lebih menekuni olahraga tersebut. Ayah dua anak itu belajar otodidak. Hebatnya, proses itu cuma dua tahun. "2002 mulai belajar. Mulai terbang 2004," kata Asminah.

Ardi lalu mencoba untuk mengikuti berbagai kejuaraan paralayang. Sampai akhirnya dia terjun di Sea Games 2011. Kala itu Ardi berhasil menyumbangkan 2 emas dan 1 perunggu dari cabang paralayang. Bahkan, hadiah hasil kejuaraan tersebut digunakan untuk membelikan rumah bagi kedua orang tuanya. "Ya rumah ini dibelikan Ardi. Dia juga belikan mobil untuk ayahnya. Dari hadiah Sea Games itu," kenang Asminah.

Asminah melanjutkan, Ardi memang pribadi yang tertutup. Dia bahkan mengaku tidak terlalu dekat dengan anaknya tersebut. "Ardi dekatnya sama ayanya. Kalau mau berangkat kemana saja pasti cium tangan ayahnya," lanjutnya. 

Hingga saat ini, lelaki yang juga menyukai olahraga downhill itu sudah mengumpulkan setidaknya 60 medali. Yang terbaru, dia meraih perunggu pada Kejurnas di Sumedang tahun ini.

Namun, prestasi-prestasi Ardi tersebut kini hanya bisa dikenang. Ardi telah dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Saat gempa melanda Palu, Ardi sedang berada di Hotel Roa Roa.

Tubuh Ardi tertimpa reruntuhan bangunan hotel tempatnya menginap. Jenazah Ardi baru bisa diidentifikasi, Selasa (2/10). Ardi meninggalkan seorang istri, dan dua orang anak laki-lakinya. Masing-masing masih berusia 5 tahun, dan 2 tahun.

 

(fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up