JawaPos Radar

Lepas Ritual Mistis, Roro Fitria Didatangi Utusan Nyai Roro Kidul?

02/10/2018, 17:38 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Lepas Ritual Mistis, Rumah Roro Fitria Didatangi Utusan Nyai Roro Kidul
Rumah Roro Fitria kerap didatangi orang yang mengaku utusan Nyai Roro Kidul. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Roro Fitria dikenal sebagai seorang aktris, presenter, penari, yang juga dikenal masih menjalani ritual kejawen. Perempuan yang mengaku masih keturunan kerajaan Mataram Kuno ini pernah mengakui bahwa setidaknya 3 bulan sekali berkunjung ke Jogja untuk melakukan ritual di Pantai Parangkusumo.

Roro melakukan hal tersebut karena Pantai Parangkusumo diyakini menjadi petilasan tempat bertemunya Kanjeng Gusti Raja Panembahan Senopati dan Kanjeng Gusti Ratu Nyai Roro Kidul. Meski kini Roro Fitria sedang menjalani proses hukum terkait kasus narkoba, rupanya hal-hal mistis tersebut belum lepas darinya.

"Tidak ada ritual. Cuma, kadang di rumah Bu Roro itu datang (orang) ngaku dari utusan Roro Kidul atau apa," kata kuasa hukum Roro Fitria, Asgar Sjarfi di luar sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (2/10).

Lepas Ritual Mistis, Rumah Roro Fitria Didatangi Utusan Nyai Roro Kidul
Roro Fitria mengaku lebih sering baca yasin dibandingkan melakukan ritual kejawen di tahanan. (Yuliani NN/JawaPos.com)

Roro ternyata merasa tak nyaman dengan kedatangan orang yang mengatasnamakan utusan Nyai Roro Kidul tersebut. Apalagi, belum lama ini, Roro mengalami kemalingan. Oleh karena itu, Roro lebih memperketat keamanan di rumahnya saat ini.

"Itu banyak sekali (mengaku titisan Roro Kidul) tiap hari didatangi terus. Jadi, kita bilang harus ada security di rumah," lanjut Asgar Sjarfi.

Namun, menurut Asgar, Roro saat ini tidak lagi melakukan hal-hal berbau kejawen seperti semedi di gua atau yang sejenis. Roro kini memasrahkan takdirnya dengan lebih berserah diri pada Tuhan selama di rumah tahanan.

"Nggak ada sih (Roro ritual) lebih banyak solat sama baca yasin," pungkas Asgar.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up