JawaPos Radar

Erdogan Minta Jerman Kirimkan 136 Orang terkait Teror

02/10/2018, 17:08 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Erdoga, Jerman, Teror
Erdogan yang mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah menyerahkan daftar 136 orang tersebut ke Jerman. Ia meminta agar Jerman menyerahkan orang-orang itu kembali ke Turki (Peril of Africa)
Share this image

JawaPos.com - Hurriyet newspaper mengabarkan kalau Turki telah menyampaikan daftar 136 orang yang diminta dikembalikan ke Turki oleh Pemerintah Jerman. Presiden Turki Recep Tayip Erdogan mengunjungi Berlin, Jerman pekan lalu untuk memperbaiki hubungan bilateral yang memburuk karena sejumlah warga Jerman dipenjarakan di Turki akibat kudeta yang gagal pada Juli 2016.

Surat kabar itu mengutip Erdogan yang mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah menyerahkan daftar 136 orang tersebut ke Jerman. Ia meminta agar Jerman menyerahkan orang-orang itu kembali ke Turki.

Dia tidak menyebutkan secara spesifik kelompok mana yang dimasukkan, tetapi dia juga mengatakan Jerman harus lebih efektif dalam melawan anggota jaringan ulama Fethullah Gulen yang berbasis di Amerika Serikat, Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang (PKK) dan kelompok militan kiri DHKP-C .

Pada tahun 2016, Jerman mengekstradisi 55 orang ke Turki termasuk delapan atas dugaan pelanggaran terorisme, menurut data Jerman, tetapi permintaan ekstradisi oleh Ankara sejak upaya kudeta telah membuahkan hasil.

Ankara mengatakan bahwa jaringan Gulen mengatur kudeta yang gagal. Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), berulang kali Gulen mengatakan, ia tak terlibat dengan upaya kudeta di Turki untuk menggulingkan pemerintahan Erdogan. Meski Erdogan terus bersikeras dengan pendapatnya.

Erdogan meminta pemerintah Jerman selama kunjungannya untuk menyebut jaringan Gulen sebagai organisasi teroris yang harus dilarang keberadaannya. Namun Berlin mengatakan, perlu lebih banyak bukti untuk mendorong hal itu.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up