JawaPos Radar

Iwet Ramadhan: Anak Muda Lebih Milih Beli Sneakers Ketimbang Batik

02/10/2018, 17:05 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
hari batik nasional, iwet ramadhan, tren busana batik,
Iwet Ramadhan saat ditemui di acara Pigeon Batik Exhitibion. (Nurul Adriyana/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kini, batik menjelma ke dalam ragam bentuk busana yang kekinian. Bahkan, tak jarang dikenakan anak muda sebagai pakaian ke kantor hingga hangout. Kendati anak muda sudah gemar mengenakan batik, tapi langkah tersebut dirasa belum cukup untuk melestarikan wastra nusantara tersebut.

Pasalnya, saat ini anak muda masih membatasi dirinya untuk membeli batik tulis. Hal ini dikarenakan harga batik tulis sendiri masih memiliki harga yang cukup tinggi.

"Anak muda Indonesia masih sangat memperhatikan harga terhadap pembelian batik asli, padahal jika diperhatikan mereka rela membeli sneakers dengan harga yang belasan juta sementara membeli batik dengan harga sejuta saja anak muda masih enggan untuk membeli," ujar Iwet Ramadhan saat peluncuran botol motif batik Pigeon di Pacific Place, Jakarta, Selasa (2/10).

Sehingga Iwet menganggap penghargaan anak muda terhadap batik masih sangat rendah. Padahal dari segi warna dan motif, banyak cerita menarik yang bisa digali dari batik.

Sebagai desainer pencinta batik, Iwet Ramadhan masih berupaya bagaimana mendekatkan batik yang sesungguhnya pada anak muda. Misalnya, anak muda saat ini senang memilih warna-warna kekinian seperti biru tua, warna merah, orange, kuning, dan hijau.

Untuk menambah daya tarik lagi penjualan batik perlu ditambahkan cerita-cerita asal mula atau filosofi dari batik itu sendiri. Batik akan tetap lestari jika masyarakat Indonesia terutama anak muda peduli akan hasil karya para pengrajin batik seperti batik cap dan batik tulis. 

"Sangat sedih jika batik tidak lestari akan berpengaruh pada penghasilan pengrajin batik, dari situ akan memberi pengaruh pula bahwa penerusnya juga tidak ingin menjadi pengrajin batik karena tidak ada penghasilan," tutup Iwet Ramadhan.

(Inr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up