JawaPos Radar

Pulihkan Palu dan Donggala, Pemerintah Kirim Genset 500 Ribu Watt

02/10/2018, 15:45 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Pulihkan Palu dan Donggala, Pemerintah Kirim Genset 500 Ribu Watt
Ilustrasi kondisi dampak gempa di Palu (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemulihan ekonomi pasca gempa dan tsunami yang menghantam Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, menjadi fokus pemerintah. Sejumlah perbaikan fasilitas penting terus dikerjakan. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengungkapkan, pemerintah melalui PT PLN (Persero) saat ini sedang menyelesaikan transmisi jaringan dan gardu induk listrik yang sempat rusak. Hal itu dilakukan agar sistem kelistrikan di Palu maupun Donggala bisa berfungsi normal kembali.

"Tapi yang kita lakukan dan saat ini pesan dari presiden adalah titik-titik ekonomi harus jalan. Ini sedang kita detailkan kan kita sudah mengirim genset-genset yang kecil-kecil untuk di pengungsian semua sudah terang," ujarnya di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (2/10).

Dirasa belum cukup, Rini mengakui saat ini pemerintah telah mengirimkan genset berkapasitas 500000 watt sebanyak 7 buah. Jumlah tersebut dianggap cukup memadai untuk sementara waktu dalam menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayah Palu dan Donggala. 

"Kalau di titik-titik ekonomi di tengah kota dan pasar kalau bisa sudah mulai bergerak. Jadi kita sekarang sedang kirim genset yang setengah Mega (Watt) 7 buah. Kita harapkan jalan di tengah kota akan lancar," jelas dia. 

Terkait kapan tenggat waktunya, Rini tidak bisa memastikan. Namun, saat ini PLN telah mengirimkan 100 teknisi sebagai upaya percepatan sambungan kelistrikan.

"Hari ini PLN kirim 100 teknisi untuk mendetailkan bahwa jaringannya itu save. Kalau jaringannya ke rumah-rumah itu sudah terselesaikan karena kan kita bawa kabel karena banyak yang putus. Saya rasa secepatnya kita akan lakukan," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up