JawaPos Radar

PBSI: Tommy Sugiarto Bisa Ikut ke Olimpiade Tokyo 2020

02/10/2018, 15:05 WIB | Editor: Banu Adikara
Olimpiade Tokyo 2020, Tommy Sugiarto, bulu tangkis, Indonesia
Tommy Sugiarto punya kans berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020 (Dok PBSI)
Share this image

JawaPos.com - Sekjen PBSI Achmad Budiharto menuturkan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan akan mengirim Tommy Sugiarto ke Olimpiade Tokyo 2020. Meski sudah tidak lagi bergabung dengan PBSI, Budiharto menuturkan ia tidak mau membeda-bedakan pemain.

Untuk diketahui, sebagai syarat bermain di Olimpiade Tokyo 2020, pemain dari sektor tunggal putra maupun putri harus berada dalam jajaran ranking 16 besar. Tommy sendiri saat ini berada di peringkat 14 dunia.

Budiharto mengatakan, Tommy memang layak dikirim karena selain masih mampu bersaing, PBSI juga tidak mungkin hanya mengirim Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

"Kita nggak bisa mengirim hanya satu atau dua pemain. Terlalu berat. Mereka akan dikeroyok oleh negara-negara lain yang punya banyak wakil. Kita terbuka saja. Saya tidak pernah mendikotomi secara khusus. Siapapun yang memiliki kualifikasi, bisa masuk ke event tersebut," tegas Budiharto.

Untuk diketahui, Tommy keluar dari PBSI pada tahun 2015 lalu, dan masih terus berkompetisi di setiap turnamen sevara independen. PBSI sebetulnya bisa saja merekrutnya kembali agar dapat lebih mudah dalam mengatur strategi siapa yang akan terjun ke Olimpiade Tokyo 2020.

Saat disinggung mengenai hal tersebut, Budiharto tidak memberikan komentar banyak. "Kita lihat saja nanti. Kita melihatnya masa depan, bukan lihat ke belakang. PBSI tidak pernah mengeluarkan Tommy. Dia sendiri yang memutuskan keluar dari sana," ujar Budiharto.

Selain Tommy, Budiharto menuturkan bahwa pihaknya juga akan menggenjot Ihsan Maulana Mustofa agar ia bisa menaikkan rankingnya. "Jadi setidaknya kita bisa kirim empat pemain. Tiga dari pelatnas, dan satu non pelatnas," ujar Budiharto.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up