JawaPos Radar

Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Tunggal Putra dan Putri Genjot Ranking

02/10/2018, 14:43 WIB | Editor: Banu Adikara
Olimpiade Tokyo 2020, PBSI, bulu tangkis, Indonesia
Sekjen PBSI Achmad Budiharto (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tidak mudah bagi PBSI untuk mempersiapkan atlet-atletnya untuk menghadapi kompetisi Olimpiade Tokyo 2020. PBSI harus berusaha keras untuk mendorong pebulu tangkisnya agar dapat menaikkan rangking mereka agar bisa masuk kualifikasi.

"Mulai tahun depan kita akan road to Tokyo. Untuk sektor tunggal putra dan putri, mereka harus masuk ranking 16 besar, kalau ganda harus masuk 8 besar," ucap Sekjen PBSI Achmad Budiharto.

Budiharto menuturkan, dari ranking yang ada sejauh ini, sektor tunggal putri dan tunggal putra adalah dua dari lima sektor yang harus bekerja ekstra keras. Pasalnya, dua sektor ini adalah sektor yang paling tidak konsisten dibanding ganca putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Budiharto menjelaskan, sektor tunggal putra saat ini hanya punya Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Di luar pemain binaan PBSI, Indonesia juga masih memiliki Tommy Sugiarto. Meski keduanya saat ini sudah masuk dalam ranking 16 besar, performa mereka belum bisa dibilang memuaskan.

Sementara itu, sektor tunggal putri saat ini hanya bisa bergantung pada Gregoria Mariska Tunjung yang penampilannya mulai menanjak. Meskipun begitu, Jorji masih belum bisa berbicara banyak jika bertemu para pemain top dunia.

Meski demikian, Budiharto optimistis anak-anak didiknya bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Dinamisnya persaingan bulu tangkis saat ini, menurut Budiharto, membuat semua pemain tetap punya kesempatan. Budiharto mencontohkan performa Ginting yang sama sekali tidak diduga hingga menjadi juara di Tiongkok Terbuka 2018.

"Lihat saja Kento (Momota, Red) yang digadang-gadang untuk jadi juara (di Tiongkok Terbuka 2018, Red) malah kalah. Lin Dan yang main di rumahnya sendiri juga kalah. (Viktor, Red) Axelsen pun juga kalah," tambahnya.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up