JawaPos Radar

Cara Efektif Memasarkan Startup Bisnis Secara Offline dan Online

02/10/2018, 13:26 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Jangan lupa, salah satu aspek penting dalam membuat bisnis adalah: pemasaran! Pemasaran atau marketing saat ini bisa dilakukan online maupun offline.
Jangan lupa, salah satu aspek penting dalam membuat bisnis adalah: pemasaran! Pemasaran atau marketing saat ini bisa dilakukan online maupun offline. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Salah satu tren di Indonesia dan dunia yang saat ini tidak bisa dipungkiri lagi, adalah tren maraknya startup-startup bisnis baru. Semenjak booming nya startup di Indonesia yang sukses di pasaran, semakin banyak pebisnis dan bahkan anak muda yang ingin merintis startup nya sendiri.

Apakah kamu salah satunya? Atau kamu sudah punya ide dan inovasi untuk startup kamu tapi belum direalisasikan? Jangan lupa, salah satu aspek penting dalam membuat bisnis adalah: pemasaran! Pemasaran atau marketing saat ini bisa dilakukan online maupun offline.

Yuk kita intip cara marketing online dan offline apa saja yang efektif!

Gogoprint
Anda bisa memulai dari memasarkan secara offline, buat promosi, berpartisipasi di acara-. besar dan tentunya buat promotional tools semenarik mungkin dan cetak di Gogoprint. (Istimewa)

1. Buat promosi opening

Salah satu cara promosi offline yang selama ini selalu dilakukan oleh berbagai pemilik bisnis baru adalah promosi ketika opening. Misalnya saat anda baru saja membuka bisnis makanan, anda bisa memberikan promosi buy 1 get 1 kepada para calon pelanggan anda.

2. Memberikan sample produk

Memberikan sample/tester dan free trial masih merupakan strategi marketing offline yang banyak digunakan oleh para pebisnis. Dengan mencoba produk yang sangat baru, akan membuat para calon pelanggan mengetahui produk apa yang anda tawarkan. Anda tidak pernah tahu pelanggan mana yang akhirnya akan cocok dengan produk/jasa anda.

3. Membuka stand di acara-acara dan pameran besar

Acara dan pameran-pameran bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan produk anda. Pilih acara atau pameran yang relevan dengan bisnis anda. Apabila produk yang anda tawarkan adalah produk karya seni, maka pastikan anda berpartisipasi di acara seni, dimana para pengunjung yang datang adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan akan karya seni.

4. Buat dan cetak promotional tools anda

Mungkin saat ini anda lebih tertarik untuk memasarkan bisnis anda secara online, namun masih banyak masyarakat saat ini yang belum akrab dengan dunia online. Maka dari itu, anda tetap harus mempunyai promotional tools untuk memperkenalkan bisnis anda ke masyarakat luas. Promotional tools yang masih efektif saat ini seperti flyer, brosur, banner, sampai kartu nama sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis anda terlihat lebih terpercaya. Promotional tools cetak juga lebih mudah untuk diberikan dan dibaca oleh semua orang. Apabila anda tidak punya banyak waktu untuk pergi ke percetakan, anda bisa mencetak kebutuhan promosi anda secara online di Gogoprint dengan mudah dan harga yang terjangkau.

5. Maksimalkan peran sosial media (IG, Fb, Youtube, Twitter)

Setelah mempersiapkan promosi anda secara offline, waktunya anda fokus ke promosi dengan cara kekinian, yaitu dengan strategi online. Sosial media adalah salah satu channel yang wajib untuk anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis anda. Facebook dan Instagram saat ini merupakan sosial media yang mempunyai banyak pengguna.

6. Bekerja sama dengan media

Bekerja sama lah dengan media yang mempunyai traffic yang tinggi, anda bisa menyisihkan budget khusus untuk bekerja sama dengan media yang ada. Promosi dalam bentuk digital seperti banner, artikel akan sangat membantu untuk promosi bisnis anda.

7. Bekerja sama dengan digital influencers

Digital influencers merupakan orang yang banyak diikuti karena konten pada sosial media mereka, seperti blog, Youtube, Instagram menghadirkan konten-konten yang menarik untuk banyak orang. Seperti beauty blogger yang memberikan tips fashion dan beauty, selebgram yang memperlihatkan kehidupan glamornya, atau traveller yang memberikan banyak tips untuk jalan-jalan. Anda bisa mengadakan kerja sama dengan para influencers agar mereka memasukkan bisnis anda pada konten di sosial media mereka.

Itu dia tadi tips cara untuk memasarkan startup anda secara offline maupun online yang selama ini sudah banyak terbukti efektif untuk memasarkan produk baru anda. Anda bisa memulai dari memasarkan secara offline, buat promosi, berpartisipasi di acara-. besar dan tentunya buat promotional tools semenarik mungkin dan cetak di Gogoprint !

(arm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up