JawaPos Radar

Citra Amerika Buruk Sejak Trump Menjabat

02/10/2018, 11:09 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
trump, as, amerika,
Sebuah survei oleh Pew Research Center menunjukkan bahwa citra Amerika Serikat (AS) dibawa pemerintaham Presiden Donald Trump memburuk di mata sekutu (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Sebuah survei oleh Pew Research Center menunjukkan bahwa citra Amerika Serikat (AS) dibawa pemerintaham Presiden Donald Trump memburuk di mata sekutu. Hal itu dikarenakan adanya serangan-serangan verbal yang dilakukan Trump antara lain seperti ke Kanada dan Jerman.

Survei kepada 25 negara tersebut juga menunjukkan bahwa responden dari seluruh dunia kurang percaya pada kemampuan Trump untuk memimpin. Mereka lebih condong kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Sejak menjabat pada Januari 2017, Trump telah menarik AS keluar dari perjanjian internasional seperti kesepakatan iklim Paris dan kesepakatan nuklir Iran, berdesakan dengan pemimpin otoriter seperti Putin dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un, dan mengkritik tetangganya dan sekutu NATO.

trump, as, amerika,
Hanya 30 persen orang Jerman memiliki pandangan yang menguntungkan dari AS, turun lima poin dari 2017 dan skor terendah di seluruh survei setelah Rusia, pada 26 persen (Reuters)

Pada Juni, setelah KTT G7 di Kanada, Trump menolak menandatangani pernyataan bersama dengan sekutunya. Ia juga mencemooh tuan rumahnya, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mengatakan bahwa Trudeau sangat tidak jujur dan lemah. Dia berulang kali menyerang Jerman karena surplus perdagangannya, pengeluaran pertahanan yang rendah dan ketergantungan pada gas Rusia.

Pekan lalu, ketika memberikan pidato di Majelis Umum PBB di New York, Trump mengundang tawa dari para pemimpin dunia ketika dia mengklaim telah mencapai lebih banyak hasil dari pemimpin sebelumnta dalam dua tahun.

Hanya 30 persen orang Jerman memiliki pandangan yang menguntungkan dari AS, turun lima poin dari 2017 dan skor terendah di seluruh survei setelah Rusia, pada 26 persen.

Hanya 38 persen orang Perancis dan 39 persen orang Kanada mengatakan mereka memiliki pandangan positif terhadap AS, keduanya turun dari 2017. Meksiko naik sedikit menjadi 32 persen.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up