JawaPos Radar

Jembatan Ampera Akan Diperbaiki Total

02/10/2018, 10:43 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Jembatan Ampera
Jembatan Ampera di Kota Palembang. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Usia Jembatan Ampera semakin tua. Kerusakan pun tak terhindarkan. Seperti di bagian peletakan atau bantalan jembatan, pagar pembatas, dan lain sebagainya.

Balai Besar Pengelolaan Jelan Nasional (BBPJN) VII sudah memiliki rencana untuk memperbaiki Jembatan Ampera. Rencananya, renovasi total ikon Kota Palembang itu dilakukan pada 2019.

Kepala Satuan Kerja (Satker) BBPJN VII Yudian mengatakan, kerusakan yang terjadi di Ampera sudah sewajarnya terjadi. Mengingat usia jembatan yang sudah mencapai puluhan tahun. Meskipun begitu, Jembatan Ampera masih layak untuk dilintasi.

Karena memang setiap tahun dilakukan perawatan dan perbaikan pada Jembatan Ampera. "Rencanaya tahun depan bakal diperbaiki total jembatan ini," kata Yudian saat dihubungi, Selasa (2/10).

Saat ini, kerusakan paling parah terjadi di bagian peletakan jembatan. Kondisinya sudah keropos sehingga perlu ada pergantian. Namun pergantian mengharuskan kondisi jembatan steril dari aktifitas lalu lintas. Sebab badan jembatan harus diangkat. "Jadi untuk mengerjakan ini harus menunggu selesai dulu jembatan yang baru dibangun. Seperti Musi IV dan Musi VI," ujarnya.

Yudian mengaku belum mengetahui persis berapa besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan perbaikan Jembatan Ampera. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga bersama aset tersebut. Mengingat beberapa hari lalu lampu hingga pembatas jembatan hilang. "Kami akan terus mengawasi aktivitas jembatan melalui CCTV," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up