JawaPos Radar

Pembangunan Proyek NCICD 4,5 KM Terselesaikan, Selanjutnya?

02/10/2018, 08:40 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pembangunan Proyek NCICD 4,5 KM Terselesaikan, Selanjutnya?
Pembangunan tanggul laut raksasa atau NCICD (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) menjadi pembicaraan di masyarakat akhir-akhir ini. Terkait penyelesaiannya karena telah digagas sejak 2014 yang lalu.

Kepala Satuan Kerja NCICD, Sudarto menyampaikan bahwa kedua paket tanggul telah terselesaikan. Sehingga, Pemerintah Pusat pun telah menyelesaikan tahap 2 untuk pembangunan dua tanggul.

"Pembangunan tanggul ada dua paket yang berakhir tahun 2018 ini. Paket 1 ada di Muara Baru, Penjaringan, Paket 2 di Kali Baru, Clincing. Penyelesaiannya sudah 100 persen di 2018," jelas Sudarto saat dihubungi JawaPos.com, Senin (1/10).

Pembangunan Proyek NCICD 4,5 KM Terselesaikan, Selanjutnya?
Pembangunan tanggul laut raksasa atau NCICD (Dery Ridwansyah/ JawaPos.com)

Untuk diketahui ada dua tanggul yang diselesaikan yaitu sepanjang 4,5 km. Dengan rincian Paket I yang ada di Muara Baru pengerjaannya 2,3 km sedangkan Kali Baru 2,2 km, yang pembangunannya sudah masuk tahap 2.

"Dua-duanya sekarang tinggal masa pemeliharaan dan itu satu tahun, paling tidak sampai 2019," imbuh Sudarto.

Sebagai informasi, dari 20 kilometer adapun 7,2 kilometer dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), 10,4 kilometer oleh pengembang, dan sisanya oleh Pemerintah Provinsi DKI. Tanggul laut itu harus selesai pada awal 2019 untuk menjaga Ibu Kota dari banjir rob yang makin besar.

"Ke depannya setelah 4,5 km selesai ini, kami mau melanjutkan kewajiban Pemerintah Pusat sampai 7,2 km. Namun, sisanya ini kami tengah mengusulkan untuk ketersediaan dananya," jelasnya.

Dalam pembangunan tanggul raksasa ini, pengerjaan dari Pemerintah Pusat memang tidak dapat dikatakan tidak beriringan dengan Pemprov DKI. Sebab, walaupun berbeda dalam tugas tetapi pengerjaannya dalam lingkup yang sama.

"Berbeda tapi artinya kita sama-sama menyelesaikan pekerjaan itu. Tapi tugasnya aja berbeda ada yang dikerjakan DKI ada yang kita kerjakan juga memenuhi target," pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemprov DKI pun tengah menyelesaikan muara di Sub Aliran Barat Kanal Muara, Sub Aliran Tengah Kali Adem, Sub Aliran di Kali Blencong. Yang tahapnya masih dalam pembangunan.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up