JawaPos Radar

Pulihkan Layanan Perbankan di Palu, BTN Koordinasi dengan BI dan OJK

02/10/2018, 07:11 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Pulihkan Layanan Perbankan di Palu, BTN Koordinasi dengan BI dan OJK
Gempa di Palu dan Donggala menyebabkan kehancuran di berbagai tempat di kota (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) bersama sejumlah bank terus melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki layanan perbankan di Palu menyusul gempa bumi yang disusul tsunami yang memporakporandakan sebagian besar kota Palu.

Bank Indonesia di bawah Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dengan anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terus melakukan sejumlah insiatif untuk memulihkan jaringan perbankan.

“Pada kondisi saat ini yang kami kedepankan adalah keamanan dan kenyamanan layanan nasabah, untuk itu kami terus berkoordinasi dan bersinergi memastikan layanan perbankan dapat segera pulih,” kata Dirut Bank Tabungan Negara (BTN) Maryono dalam keterangannya terkait layanan perbankan menyusul gempa Palu dan Donggala, Senin (1/10).

Gempa dan Tsunami yang mengguncang sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah berdampak pada layanan perbankan secara umum, namun per 1 Oktober 2018 ini layanan perbankan mulai perlahan pulih.

Maryono optimistis layanan perbankan khususnya Bank BTN segera pulih pada pekan ini, khususnya mesin ATM yang diharapkan tetap dapat online sambil melakukan recovery gedung kantor cabang.

“Kami ikut prihatin atas musibah bencana yang terjadi di Palu, Donggala, dan daerah lain di Sulawesi Tengah. Bank BTN turun langsung membantu para korban gempa dan tsunami serta berusaha semaksimal mungkin untuk memulihkan layanan perbankan yang dimiliki BTN,” kata Maryono.

Dalam memulihkan jaringan, tim gabungan Bank BTN membawa peralatan dan perlengkapan pendukung untuk memperbaiki system jaringan layanan perbankan agar kembali online. Tim juga membawa bantuan bagi karyawan yang terkena musibah.

Dari pantauan tim gabungan BTN tersebut, sejumlah outlet Bank BTN mengalami kerusakan bangunan, yaitu di Kantor Cabang Palu, termasuk Kantor Kas yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika di Kota Palu dan Kantor Cabang Pembantu Syariah di Kota Palu.

Sementara Kantor Cabang Pembantu di Luwuk tidak mengalami kerusakan. Sedangkan mesin ATM Bank BTN mulai diperbaiki, dari 13 ATM di Sulteng, Bank BTN berhasil memulihkan fungsi ATM di dua lokasi, yaitu di Luwuk dan di KC Palu.

“Kami mempersiapkan Kantor Cabang Pembantu Syariah yang berlokasi di jalan Emmy Saelan di Tatura Utara, Palu Selatan untuk dioperasionalkan sebagai working recovery area atau semacam kantor darurat untuk melayani nasabah,” kata Maryono.

(ask/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up