JawaPos Radar

Komika Ini Ingatkan Gempa Sulawesi Tengah Bukan Ajang Kampanye Politik

02/10/2018, 08:20 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Komika Ini Ingatkan Gempa Sulawesi Tengah Bukan Ajang Kampanye Politik
Komika Pras Teguh (duduk kiri) bersama para pemain film "Liam dan Laila'. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah mengingatkan komika Pras Teguh pada gempa yang mengguncang kampung halamannya di Sumatera Barat, pada 2009 silam.

Pras menceritakan rumahnya luluh lantak akibat gempa berkekuatan 7,6 skala richter mengguncang Sumatera Barat kala itu. Apalagi, saat itu korbannya juga banyak, sehingga menimbulkan trauma buat Pras.

"Jujur aku waktu itu lagi di Jakarta, tapi Aku udah sering banget, padang itu hampir sebulan sekali kena gempa, dan sekarang pemerintah udah ngasih plang, ini evakusi jalurnya ke sana, jalurnya ke sana, ke sana. Sekarang, kalau di Padang bener-bener udah terbiasa karena udah ada jalurnya (evakuasi), kata Pras yang ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (1/10).

Merasa pernah mengalami bencana yang sama, Pras berharap banyak bantuan yang sampai ke Palu. Kemudian, dia berharap pemerintah setempat mencontoh apa yang diterapkan di Padang saat ini, yakni memberikan arah jalur evakuasi jika terjadi bencana.

"Saran aku untuk temen-temen di Palu, amit-amit kalau terjadi lagi, pasti pemerintah udah kasih jalur evakuasi. Jangan panik, jangan ngambil inisiatif tiba-tiba lari ke gedung karena gedung belum tentu juga menahan air. Saran aku jangan panik, tetep tenang, kalem aja, terus juga keluarga jangan selamatkan diri sendiri," sarannya.

Kemudian, bersama teman-teman komika lainnya, Pras berencana membuat penggalangan dana berupa charity untuk para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"arena aku juga, dan saudara-saudara di Padang juga pernah kena kejadian yang serupa, untungnya nggak tsunami. Harapan aku buat pemerintah, bener-bener bantuin saudara-saudara kita, jangan jadiin ini (kampanye) politik," pungkas Pras.

(agi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up