JawaPos Radar

Rawan Bencana, Lukman Sardi Dorong Aturan Bangunan Anti Gempa

02/10/2018, 07:15 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Rawan Bencana, Lukman Sardi Dorong Aturan Bangunan Anti Gempa
Lukman Sardi bersama rekan-rekan artis akan kumpulkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. (Yuliani NN/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kabar soal tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah turut menimbulkan duka mendalam bagi Lukman Sardi. Dia berharap ke depannya pemerintah segera menerapkan pembangunan hunian anti gempa, seperti yang telah diterapkan di Jepang.

"Sebuah berita dukacita ya, antara bisa dikendalikan atau di luar kendali. Kita ada beberapa sistem untuk kendalikan segera. Aku berharap segera dikeluarkan pertahanan anti gempa kaya di Jepang kan udah wajib membangun gedung anti gempa gitu," kata Lukman Sardi saat ditemui di Metropole XXI Cikini, Jakarta Pusat, Senin (1/10) malam.

Menurut Lukman, Indonesia yang terletak di Ring of Fire atau busur gunung berapi dan garis patahan di Pacific Basin harus segera membuat pertahanan bencana. Sehingga, dapat meminimalisir dampak bencana.

"Kupikir perlu hal kaya gitu dari pemerintah. Misalnya, bikin gedung baru atau bikin rumah yang struktur anti gempa. Mudah-mudahan bisa dilihat kaya gitu karena udah makan korban banyak," lanjut Lukman.

Sementara itu, sebagai bentuk kepedulian, Lukman Sardi dan kawan-kawan sineas telah berinisiatif lakukan penggalangan dana. Hal tersebut telah mereka lakukan sejak bencana Lombok beberapa waktu lalu.

"Udah mulai banyak dari temen-temen sineas (lakukan penggalangan dana). Kemarin, Lombok kita ke sana juga kasih sumbangan. Temen-temen artis cepet nanggepin itu," ungkap Lukman.

Soal pengalaman alami kejadian serupa, aktor berusia 47 tahun itu beruntung tidak pernah mengalaminya. Namun, beberapa temannya yang memilili kerabat di Palu sempat bercerita kehilangan kontak dengan keluarganya.

"Alhamdulillah, ngerasain gempa aja di Jakarta yang nggak sampai gede, Mudah-mudahan, jangan sampai terjadi," pungkas Lukman.

Diketahui, Indonesia seringkali dilanda oleh gempa bumi atau gunung meletus. Sebab, Indonesia berada di Ring of Fire, busur gunung berapi dan garis patahan di Pacific Basin.

Pada Desember 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 terjadi di Aceh, memicu tsunami yang menewaskan 170.000 orang. Bulan lalu, gempa di Lombok menewaskan 505 orang.

(yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up