JawaPos Radar

Begini Peran Lucas dalam Membantu Pelarian Eddy Sindoro

02/10/2018, 00:30 WIB | Editor: Kuswandi
Penyidik KPK
Penyidik KPK saat sedang melakukan penggeledahan (Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membeberkan peran advokat Lucas dalam membantu tersangka mantan petinggi Lippo Group Eddy Sindoro, untuk menghindari proses penyidikan perkara suap pengajuan Peninjauan Kembali (PK) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Saut menyebut, seharusnya setelah Eddy dideportasi oleh Malaysia, maka Eddy diantarkan kembali ke Indonesia. Namun Lucas malah membantu agar Eddy bisa pindah ke negara lain.

"Kronologinya itu, intinya adalah ketika Eddy ini di Malaysia, kemudian mau dideportasi ke Indonesia, yang bersangkutan berperan untuk kemudian mengirim Eddy ke suatu negara ASEAN untuk kemudian keluar dari Indonesia lagi. Pokoknya dia sampai Jakarta diatur-atur lagi dia terbang lagi," ungkapnya pada awak media, Senin (1/10) malam.

Gedung KPK
Gedung KPK Merah Putih (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Saut juga menerangkan bahwa Lucas tak pernah terdaftar sebagai pengacara Eddy. Kemudian, ketika disinggung perihal penetapan tersangka Lucas yang dilakukan berbarengan dengan pemeriksaan perdana, Saut mengatakan hal tersebut telah dilakukan sesuai dengan bukti dan fakta yang ada.

"Saya bilang bukan percepatan, bahkan KPK lambat. Ini kasus sudah 2 tahun, larinya kan sudah dua tahun, ya kalau unsur (Pasal) 21-nya ketemu, kita harus cepat. Itu saja enggak ada pertimbangan lain. kan (Pasal) 21-nya kami yakin dia menghalang-halangi," imbuhnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan tersangka terhadap advokat Lucas. Penetapan tersangka dilakukan karena Lucas diduga dengan sengaja menghalangi, merintangi proses perkara penyidikan mantan petinggi Lippo Grup, Eddy Sindoro (ESI).

Penetapan tersangka ini berkaitan dengan kasus pengajuan Peninjauan Kembali (PK) perkara PT Across Asia Limited melawan PT First Media di PN Jakpus.

(ce1/ipp/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up