JawaPos Radar

Jangan Pusing Ladies, Ikuti 7 Langkah Menangkan Hati Ibu Mertua

02/10/2018, 07:10 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
tips percintaan, ibu mertua, cara dekati calon mertua, tips luluhkan hati mertua,
Ilustrasi. Ambil hati ibu mertua dengan tujuh langkah. (LiveAbout)
Share this image

JawaPos.com - Drama menantu dan ibu mertua tak pernah akur seringkali terjadi dalam sebuah keluarga. Hal itu umum terjadi karena akan sulit menyatukan dua pikiran, terlebih perempuan menjadi satu keluarga baru. Biasanya ketidakcocokan seperti ini terjadi di tahap-tahap awal pernikahan atau bisa saja sejak sebelum menikah.

Drama tersebut bisa terjadi salah satunya karena seorang ibu merasa anak laki-lakinya kini seolah sudah memilih wanita lain yang menggantikan posisinya untuk disayang. Padahal peran ibu tak akan tergantikan sepanjang masa. Maka ketika seorang menantu atau calon menantu salah sikap, pasti mereka akan kerepotan menghadapi sikap ibu mertua di kemudian hari.

Dilansir dari Pop Sugar, Senin (1/10), ada tujuh langkah bagi kaum hawa agar tidak stres menghadapi ocehan ibu mertua. Tentunya, bisa menciptakan keakraban dengan ibu mertua.

tips percintaan, ibu mertua, cara dekati calon mertua, tips luluhkan hati mertua,
Ilustrasi. Minta saran dan menghabiskan waktu bersama bisa meluluhkan hati ibu mertua. (Bridestory.com)

Minta Nasihatnya

Mintalah nasihat ibu mertua tentang hal-hal tertentu. Entah itu tentang rumah atau anak-anak. Dia akan menghargai bahwa Anda mengingatnya dan merasa cukup nyaman untuk meminta bantuannya.

Libatkan Dia dalam Kegiatan

Baik acara besar ataupun sederhana, selalu libatkan ibu mertua untuk hadir. Cobalah untuk mengundangnya langsung, jangan melalui anak laki-lakinya. Sehingga ibu mertua akan merasa dihormati.

Mengatur Rutinitas Bersama

Siapkan rutinitas, seperti makan malam di akhir pekan di rumahnya atau mengajaknya nonton bersama di ruang keluarga. Jika ibu mertua tinggal lebih jauh, rencanakan perjalanan keluarga setidaknya sekali atau dua kali setahun,

Luangkan Waktu untuk Mengenalnya

Luangkan waktu untuk berusaha mengetahui siapa dia di luar perannya sebagai ibu mertua. Undang dia minum kopi, makan siang, atau duduk dan mengobrol dengannya.

Tenangkan Pikiran

Saat menghadapi ibu mertua, maka tenangkan pikiran dan emosi. Terkadang pertemuan keluarga memang bisa sangat menegangkan dan memusingkan suasana hati. Cobalah redakan ketegangan dengan minum cokelat hangat, yoga, atau berenang.

Dia Juga Orang Tua

Beberapa mertua mungkin menerapkan aturan ketat. Tetapi yang lain mungkin juha lebih lunak. Mereka mungkin akan memanjakan cucu semaksimal mungkin. Selama tidak bertentangan dengan kebaikan, cobalah lebin fleksibel. Ingatlah bahwa mertua adalah ibu kita juga.

Kompromi

Ketika beradu argumen ataj berbeda pendapat, jangan langsung konfrontasi tanpa solusi. Lakukan kompromi mencari jalan tengah. Bila perlu mengalah maka akan lebih baik. Intinya harus bersikap fleksibel.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up