JawaPos Radar

Anies Akan Ganti Nama OK O-Trip, Kenapa?

02/10/2018, 06:55 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Anies Akan Ganti Nama OK O-Trip, Kenapa?
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara tiba-tiba akan mengganti nama OK Otrip. (Yesika/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Program OK Otrip kini sudah akrab ditelinga masyarakat. Namun secara mengejutkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba-tiba menyatakan akan mengganti nama program andalan di bidang transportasi itu. Anies menyampaikan akan mencari nama baru yang lebih baik.

"Kemarin kami gunakan (OK Otrip) itu sebagai eksperimen, saat uji coba saja," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (1/10).

Nama baru untuk sistem transportasi yang terintegrasi ini akan mencerminkan kekompakan antar moda transportasi. Anies menyebutkan sistem integrasi terdiri dari MRT, Transjakarta, LRT, dan bus kecil. Sayangnya, untuk nama program pengganti masih dalam proses pembahasan.

"Sudah ada beberapa nama. Sebuah nama yang memiliki makna integrasi karena seperti Transjakarta, langsung tahu itu transportasi Jakarta. Ini sedang dalam proses finalisasi," terang Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Saat ini, ada 33 rute yang terintegrasi dan menyambung dengan uji coba OK O-Trip. Pemprov DKI menargetkan 11 operator akan bergabung, namun saat ini yang tanda tangan kesepakatan baru 6 operator diantaranya Budi Luhur, Koperasi Wahana Kalpika, Lestari Surya Gema Persada, Puskop AU Halim Perdanakusuma, Puri Mas Jaya, dan Kencana Sakti Transport.

"Kami tidak bisa bekerja sendirian, kami harus bekerja bersama-sama, kami akan membentuk kolaborasi. Ini harus memberikan manfaat bagi publik dan manfaat bagi mereka yang berkolaborasi," tuturnya.

Program OK Otrip ini sendiri telah digaungkan sejak Pilkada DKI 2017 lalu. Program ini merupakan salah satu andalan dari pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno kala itu. Selain OK Otrip, pasangan ini juga memiliki program lainnya yakni OK OCE.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up