JawaPos Radar

Tangani Korban Gempa Sulteng, Ini Isi Radiogram Tjahjo Kepada Pemda

01/10/2018, 22:25 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Mendagri Tjahjo Kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo memerintahkan kepada pemda di sekitar Sulteng untuk segera mengerahkan bantuan ke Palu dan Donggala. (jpnn/jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan bantuan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Bencana itu telah menewaskan ribuan jiwaGempa berkekuatan 7,7 SR ini telah menimbulkan 844 orang meninggal dunia. 

Tjahjo menegaskan, pada Jum'at malam kemarin pihaknya sudah membuat radiogram kepada pemda Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan tekait instruksi tersebut. 

"Sekarang hampir seluruh provinsi memberi bantuan," Kata Tjahjo di Kantor Kemendagri Pusat, Jakarta Pusat, Senin (1/10).

Tjahjo juga menjelaskan, saat ini yang menjadi fokus Kemendagri adalah masalah pangan di lokasi terdampak gempa dan tsunami. "Kami fokuskan dulu masalah makanan minuman dulu. Kalau punya tenda ya tenda, punya air bersih ya air bersih, termasuk dokter dan tenaga kesehatan," paparnya. 

Terkait masa kampanye, Mendagri juga memperbolehkan seluruh partai politik untuk memberikan bantuan dengan catatan tidak melakukan kampanye. 

Rencananya, surat untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang penghentian kampanye sementara di Sulteng akan dikirim hari ini. 

"Etikanya kan secara moral sedang berduka. Lebih baik memberikan bantuan" ucapnya.

(am2/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up