JawaPos Radar

Bantu Tangani Gempa Palu, Kapolri Tambah Ribuan Personel

01/10/2018, 19:55 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Bantu Tangani Gempa Palu,  Kapolri Tambah Ribuan Personel
Petugas mengevakuasi korban yang masih berada di reruntuhan bangunan pascagempa Palu, Sulawesi Tengah (Haritsah Almudatsir/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus mengirim anggotanya ke lokasi gempa bumi disertai tsunami di Palu dan sekitarnya. Korps Bhayangkara itu rencananya menerjunkan ribuan personel dalam waktu dekat.

"Dari Polri sendiri kita rencanakan akan mengirim antara 1.500 sampe 2.000, yang sekarang baru masuk itu lebih kurang 400 Brimob," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (1/10).

Ribuan pasukan itu kata dia sangat dibutuhkan untuk melakukan pengamanan, membuka jalur yang longsor, dan membantu penanganan para korban.

"Saya masih menganggap perlu (dikirimkan pasukan). Karena satu, untuk pengamanan," imbuhnya.

Tito menerangkan, Palu merupakan daerah tertutup. Akses jalan menuju Palu biasanya ditempuh melalui jalur darat. Yakni bisa melalui Donggala, Poso, Mamuju, Tolitoli,Parigi Moutong.

Namun mayoritas jalan tersebut terutup material longsor. Sementara jika melalui udara, hanya pesawat dengan jarak landasan 2000 meter yang bisa mendarat.

Sedangkan pelabuhan masih belum kondusif pasca diterjang tsunami. Namun pemerintah berupaya untuk memulihkannya. "Kita harapkan pelabuhan sudah bisa normal secepat mungkin, listrik bisa normal. Kalau itu semua normal, maka logistik akan masuk, masyarakat akan tenang," tutur Tito.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menambahkan, pasukan yang dikirim nantinya berasal dari Kepolisian Daerah (Polda) yang berdekatan dengan Kota Palu. Ada pula dari Mabes Polri, terkhusus para anggota Brigade Mobile (Brimob).

"(Mereka dikirim) untuk penanganan dan kemanusiaan, rehabilitasi kemudian identifikasi korban dari tim DVI," kata Setyo. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up