JawaPos Radar

Tinggal 3 Bulan Penyerapan APBD Masih Rendah, Sekda DKI Panggil SKPD

01/10/2018, 19:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Tinggal 3 Bulan Penyerapan APBD Masih Rendah, Sekda DKI Panggil SKPD
Sekda DKI Jakarta Saefullah (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dalam penerapan di lapangan, ternyata tingkat penyerapan anggaran sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) belum dapat dikatakan memuaskan. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah bahkan menyoroti beberapa SKPD.

"Yang penyerapannya masih rendah seperti Dinas Perumahan, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga," kata Saefullah, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (1/10).

Ketika menelusuri laman publik.bapedadki.net, penyerapan anggaran SKPD terendah sampai Senin ini ada pada Dinas Perumahan yaitu 15,8 persen dari alokasi anggaran Rp 3,17 triliun. Selanjutnya, untuk Dinas Sumber Daya Air anggaran baru terserap 23,9 persen dari alokasi anggaran Rp 4,54 triliun.

Tidak hanya itu, Saefullah menyebutkan penyerapan anggaran Dinas Bina Marga pun masih lemah yaitu sebesae 36,9 persen dari alokasi Rp 3,36 triliun. Sangat disayangkan jika ditotal, APBD DKI 2018 baru terserap 48,59 persen.

"Kalau menurut BPPBJ (Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa), yang sudah lelang itu sudah 72 persen. Artinya, ini kan ada beberapa proyek yang belum dibayarkan," jelas Saefullah.

Mengenai penyerapan anggaran, Saefullah pun mengaku akan meminta para SKPD yang penyerapan anggaran masih dikatakan rendah untuk melaporkan masalah atau kendala yang dialami. Sehingga, dapat dipecahkan bersama langkah ke depan menyelesaikan persoalan tersebut.

"Besok saya mau panggil dulu, kita cek dulu apa hambatannya. Bisa enggak dieksekusi, toh tinggal sisa waktu mepet sekali, tiga bulan," pungkasnya.

(rgm)

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up