JawaPos Radar

Siasati Bencana Alam, Ridwan Kamil Tiru Jepang

01/10/2018, 17:34 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Siasati Bencana Alam, Ridwan Kamil Tiru Jepang
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meniru Jepang untuk menghadapi bencana gempa bumi. (Dok. Humas Jabar)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan program West Java Recillian Blueprint. Program ini merupakan salah satu kegiatan edukasi dalam menghadapi bencana alam.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, generasi Jawa Barat harus memahami potensi dan cara menanggulangi becana alam yang kerap terjadi. Sebab, Indonesia secara geografi berada di tiga lempeng yakni dari pulau Sumatera hingga Papua.

Sebagaimana diketahui Indonesia merupakan daerah pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasific. Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas pantai Sumatra, Jawa dan Nusa Tenggara, sedangkan dengan Pasific di utara Irian dan Maluku utara.

"Kami ingin di masa depan anak cucu kita siap terhadap bencana dan potensi bencana sehingga bisa hidup berbudaya dan menyiasati takdir bencana yang memang secara geologis Indonesia ini rawan, karena memiliki gunung api terbanyak sedunia negara yang memiliki lepeng dari Sumatera hingga Papua," kata Rudwan Kamil di Bandung, Senin (1/10).

Program tersebut diharapkan bisa berdampak positif bagi generasi muda terkhususnya Jawa Barat dalam menghadapi bencana alam. "Insya Allah dengan blueprint ini salah satunya dengan meniru dari Jepang, mudah-mudahan kami menjadi provinsi yang siap terhadap potensi gempa," ucapnya.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat, (28/9/18), sekitar pukul 17.02 WIB. Gempa tersebut menimbulkan tsunami di bagian pesisir Kabupaten Donggala, Mamuju Utara, dan Palu. Juga beberapa waktu lalu Lombok pun dihadapi gempa bumi dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up