JawaPos Radar

Suporter Indonesia Ikrarkan Kesepakatan Damai

01/10/2018, 16:39 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Kemenpora, PSSI, Menpora, Imam Nahrawi, Suporter Indonesia
Suporter menandatangani kesepakatan damai di spanduk berwarna putih (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Suporter Indonesia dari seluruh kalangan ikrarkan kesepakatan damai. Itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan damai di spanduk berwarna putih pada Senin (1/10) di Gedung Kemenpora, Jakarta. Kesepakatan damai itu digelar usai pertemuan stakeholder olahraga yang dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi.

Menpora melakukan pertemuan di Gedung Kemenpora dengan sejumlah pihak guna membahas dihentikannya kompetisi pasca insiden yang mengakibatkan tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla. Pertemuan tersebut dihadiri petinggi klub dan suporter di Indonesia. Selain itu dihadiri wakil dari PSSI, Polri, APPI, dan BOPI. Agenda utama adalah membahas masa depan Liga yang saat ini masih terhenti.

"Ini instruksi Presiden utuk segera duduk bareng bersama stakeholder olahraga. Dari pertemuan ini pasti akan memberikan dampak yang besar juga bagi persatuan sepak bola Indonesia," beber Imam Nahrawi.

Kemenpora, PSSI, Menpora, Imam Nahrawi, Suporter Indonesia
Pertemuan stakeholder olahraga di Kemenpora (Isa Bustomi/JawaPos.com)

Diharapkan dalam pertemuan tersebut dapat menghasilkan komitmen untuk masa depan sepak bola Indonesia. Insiden meninggalnya Haringga harus menjadi pelajaran untuk semua suporter Indonesia.

Kejadian tersebut dinilai menjadi sentilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melahirkan regulasi untuk mencegah terulangnya insiden tersebut. Hal itu tentu menjadi dukungan pemerintah, tentunya Kemenpora.

"Pemerintah tentu akan mengawal ini untuk menjaga kondusifitas, keamanan, dan kenyamanan. Itu menjadi nomor satu menuju persaudaraan," katanya.

Selain itu, Menpora Imam Nahrawi juga meminta kepada para suporter klub Indonesia untuk memberikan edukasi terhadap yang lainnya. Seperti halnya suporter yang ada di dalam stadion dapat menciptakan kedamaian dalam mendukung tim kesayangannya.

"Termasuk yang tidak datang nonton di stadion dan termasuk penonton cilik yang di stadion. Betapa mulianya pertandingan itu bila ditunjukkan dengan cara yang baik juga," harapnya.

Pertemuan ditutup dengan pernyataan sikap para suporter dan penandatanganan nota kesepakatan damai di spanduk putih. Berisikan sejumlah pernyataan sikap terkait peningkatan sikap dari suporter dalam memberikan dukungan.

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up