JawaPos Radar

Tak Hadir Sidang Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Urus Kasus di Jatim?

01/10/2018, 16:27 WIB | Editor: Novianti Setuningsih
Tak Hadir Sidang Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Urus Kasus di Jatim?
Ahmad Dhani absen sidang kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (1/10). Lataran, disebut tengah berada di Surabaya. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Musisi yang juga politikus Partai Gerindra, Ahmad Dhani sedang berada di Surabaya sejak Minggu (30/9). Oleh karena itu, Dhani absen dalam sidang lanjutan kasus dugaan ujaran kebencian yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (10/1).

Namun, belum diketahui kepentingan Dhani berada di Surabaya. Hanya saja, diketahui Dhani memang seharusnya menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan ujaran tidak menyenangkan yang dilaporkan Koalisi Elemen Bela (KEB) NKRI, pada Jumat (28/9) lalu.

Tetapi, Dhani mangkir dari panggilan pemeriksaan kasus dugaan ujaran tidak menyenangkan dalam video vlog yang dibuat Ahmad Dhani bersama relawan deklarasi #2019gantipresiden tersebut.

Tak Hadir Sidang Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Urus Kasus di Jatim?
Ahmad Dhani dilaporkan atas dua kasus di Surabaya, Jawa Timur. (Yuliani NN/JawaPos.com)

"Ada kerjaan sih katanya, nggak tahu kalau sekalian," kata Hendarsam saat dihubungi JawaPos.com, Senin (1/10).

Meski tak dihadiri Dhani, sidang di PN Jakarta Selatan akan tetap dilangsungkan untuk ditunda. Nantinya, tim kuasa hukum Dhani akan hadir sebagai perwakilan sidang.

"Dhani masih ada di Surabaya sih katanya. Nanti, ada tim pengacara yang ke sana (PN Jaksel). Sidangnya jadi (lanjut), ditunda tapi pemeriksaan saksinya," lanjut Hendarsam.

Diketahui, Dhani dilaporkan ke Polda Jatim terkait dua kasus. Pertama, kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech) yang dilaporkan oleh Koalisi Elemen Bela NKRI. Kedua, utang sebesar 200 juta di kediaman Wali Kota Batu Edi Rumpoko yang dilaporkan Zaeni Ilyas.

Dhani dilaporkan oleh Koalisi Elemen Bela NKRI ke Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim terkait ujaran kebencian terhadap Banser di Hotel Majapahit, Kota Surabaya beberapa waktu lalu.

Ahmad Dhani disebut sempat melontarkan hinaan dengan melontarkan kata "idiot" di Hotel Majapahit beberapa waktu lalu. Ujaran tersebut diduga ditujukan kepada para pendemo yang menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Tugu Pahlawan, Surabaya.

(ce1/yln/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up