JawaPos Radar

Cara Jaga Cat Mobil Tetap Kinclong dengan Cutting Sticker

01/10/2018, 15:50 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Cara Jaga Cat Mobil Tetap Kinclong dengan Cutting Sticker
()
Share this image

JawaPos.com – Orang yang memiliki mobil baru pasti sangat hati-hati menjaga agar cat mobilnya tetap kinclong dan awet seperti baru. Namun karena kondisi jalan berdebu bercampur dengan kerikil kecil di jalan kerap menjadi penyebab baret halus yang melukai cat mobil.

Untuk itu, mereka memilih untuk melapisi mobil mereka dengan stiker khusus dengan warna yang sama sesuai dengan warna unit yang terterah di STNK untuk menjaga cat bawaan tetap mengkilap.Hal ini banyak pemilik mobil baru.

Penggawa Bengkel SIS cutting sticker, Siswanto (34) mengatakan sebagian besar customer yang datang si bengkelnya khawatir mobil barunya cepat lecet karena berbagai paparan kotoran di jalan karena itu mereka meminta unit di sticker.

“Biasanya banyak mobil yang baru dua atau 3 bulan dibeli yang meminta mobilnya di pasangin sticker. Umumnya pemasangannya full bodi dan kita pake stiker Oracal 651 yang punya kualitas bagus untuk menjaga cat tetap mulus,” katanya beberapa waktu lalu di bengkelnya yang terletak di Lantai 5, MGK Mall, Kemayoran, Jakarta.

Untuk pemasangannya sendiri, Siswanto memiliki empat orang yang menangani satu mobil dan ia menjamin pemasangannya rapi dengan kualitas yang tidak asal-asalan sesuai dengan bidang mobil dan detail hingga lekukannya.

“Saya memang utamakan kualitas. Karena itu, satu hari saya hanya terima dua mobil. Biasanya pengerjaan satu mobil full body bisa lima jam. Kita buat detail hingga tak ada gelembung pada sticker. Pamasangannya dibantu alat hot drayer untuk pemanas sticker rekat dengan bidang body,” ujar pria asal Klaten ini.

Ia menambahkan cutting sticker biasanya maksimal dipakai dua tahun. Bila terlalu lama, proses pencopotannya agak sulit sehingga harus menggunakan trik khusus dan membutuhkan waktu.

“Biasanya cutting sticker dipakai du tahunan. Itu maksimal. Kalau kelamaan saat copotnya ada potongan yang bisa tertinggal jadi harus dihangatin lagi pakai alat atau di poles lagi setelah pencopotan. Kalau pun sisi sticker bandel, bisa di bersihkan pakai minyak tanah atau minyak kayu putih,” terangnya.

Untuk harganya pemasangan cutting sticker full body untuk mobil city car dan mobil mungil lainnya seperti Smart, Honda Brio, dan mobil sejenisnya dikenakan biaya Rp 3 juta. Dan untuk model low MPV seperti Avanza, Xenia dan kawan-kawan dipatok Rp 5 juta.

(wzk/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up