JawaPos Radar

Palestina Gugat Kedutaan AS di Yerusalem

01/10/2018, 17:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
yerusalem, kedutaan as, palestina,
Pemerintah Palestina mengajukan gugatan kepada Pegadilan Internasional (ICJ) terkait penempatan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Palestina mengajukan gugatan kepada Pegadilan Internasional (ICJ) terkait penempatan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem. Penempatan Kedutaan Besar AS di Kota Yerusalem telah membuat kecewa Palestina dan negara-negara lainnya di dunia.

Dalam sebuah pernyataan, Pengadilan Internasional menyebut, Palestina berpendapat Konvensi Hubungan Diplomatik Wina 1961 mengharuskan suatu negara untuk menempatkan kedutaannya di wilayah negara tuan rumah. Sementara Israel mengontrol Yerusalem secara militer, kepemilikannya ini diperdebatkan.

Pada bulan Desember tahun lalu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memerintahkan Kedutaan Amerika di Israel pindah dari Tel Aviv ke Yerusalem, dan kedutaan baru dibuka pada bulan Mei. Pembukaan ini menimbulkan bentrokan antara Israel dan Palestina hingga menyebabkan sejumlah korban jiwa.

yerusalem, kedutaan as, palestina,
Penempatan Kedutaan Besar AS di Kota Yerusalem telah membuat kecewa Palestina dan negara-negara lainnya di dunia (The Guardian)

Seperti dilansir RMOL.co (Jawa Pos Grup), gugatan Palestina meminta pengadilan untuk memerintahkan Amerika Serikat untuk menarik misi diplomatiknya dari Kota Suci Yerusalem. Rakyat Palestina hingga saat ini tak terima karena mereka ingin Yerusalem Timur jadi ibu kota masa depan mereka.

Pengadilan Internasional merupakan  tempat PBB untuk menyelesaikan perselisihan antar negara. Palestina diakui oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2012 sebagai negara pengamat non-anggota, meskipun status kenegaraannya tidak diakui oleh Israel atau Amerika Serikat.

(met/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up