JawaPos Radar

Pemimpin Dunia Siap Bantu Pulihkan Sulteng

Mulai dari Erdogan Hingga Xi Jinping

01/10/2018, 15:21 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Pemimpin Dunia Siap Bantu Pulihkan Sulteng
Ilustrasi gempa bumi di Palu (Ivan/Lombok Pos/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Para pemimpin dunia menyatakan belasungkawa dan kesiapan untuk membantu Indonesia dalam menangani korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hingga Presiden Tiongkok Xi Jinping melalui akun twitter.

“Turki siap untuk melakukan segala daya untuk membantu Indonesia menyembuhkan luka-lukanya," kata Erdogan di Twitter, Minggu (30/9).

Ia juga turut berdoa untuk saudara-saudara di Indonesia yang menjadi korban tewas karena tsunami dan gempa. Sehari sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Turki menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban dalam bencana alam, mengatakan Turki siap untuk memberikan bantuan yang diperlukan.

Dilansir dari Xinhua, Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki telah mengirim lima orang tim bantuan darurat ke daerah-daerah yang terkena bencana di Indonesia.

Selain itu, Xi Jinping juga mengaku terkejut dengan adanya gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah itu. Pemerintah Cina melalui Palang Merah mereka juga sudah memberikan bantuan sebesar USD 200 ribu ke Palang Merah Indonesia.

Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan dalam pernyataan yang dirilis Kedutaan Besar AS di Jakarta, Senin (1/10) menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan masyarakat yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Saya telah menghubungi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk menyampaikan belasungkawa dan menawarkan bantuan kami," kata Donovan.

"Indonesia adalah mitra penting, dan kami siap bekerja sama untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan," lanjut Donovan. Namun, belum ada rincian terkait jumlah atau nominal bantuan dari Amerika.

Sedangkan Uni Eropa telah mengumumkan bakal menyalurkan bantuan senilai USD 1,5 juta euro atau Rp25 miliar kepada mereka yang terkena dampak gempa dan tsunami di Sulteng.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up