JawaPos Radar

Tiongkok Batalkan Pertemuan Keamanan Dengan AS

01/10/2018, 16:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
tiongkok, as, perang dagang,
Tiongkok telah membatalkan pertemuan pembahasan keamanan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Jim Mattis yang sebelumnya akan direncanakan pada Oktober (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Tiongkok telah membatalkan pertemuan pembahasan keamanan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Jim Mattis yang sebelumnya akan direncanakan pada Oktober. Hal ini diumumkan langsung oleh pejabat senior AS pada Minggu (30/9), beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi mengatakan, tak ada yang perlu ditakutkan dari ketegangan dua negara.

Pejabat AS tersebut terlibat dalam kebijakan Tiongkok, ia berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya. Dia juga mengatakan tidak jelas apakah pertemuan akan dijadwal ulang.

Pejabat itu mengatakan tidak jelas apakah pembatalan itu karena berbagai perselisihan antara Beijing dan Washington pada isu-isu seperti penjualan senjata dan aktivitas militer di Laut Cina Selatan dan perairan lainnya di sekitar Tiongkok.

tiongkok, as, perang dagang,
Tiongkok dan AS juga terkunci dalam perang dagang, mereka menaikkan tarif yang semakin tajam pada masing-masing impor (Reuters)

Tiongkok dan AS juga terkunci dalam perang dagang, mereka menaikkan tarif yang semakin tajam pada masing-masing impor. "Ketegangan meningkat, dan itu bisa terbukti berbahaya bagi kedua belah pihak," kata pejabat itu.

Kementerian Luar Negeri AS menolak berkomentar. Pejabat di Gedung Putih dan Kementerian Pertahanan tidak segera menanggapi. Kementerian Luar Negeri dan Pertahanan Tiongkok juga tidak segera menanggapi hal ini.

Sumber di Beijing memberi penjelasan tentang masalah ini. Dia mengatakan, pekan lalu pertemuan pembahasan keamanan mungkin tidak akan terjadi karena ketegangan dalam hubungan antara kedua negara.

Pada pertemuan Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu, (26/9), Presiden AS Donald Trump menuduh Beijing berusaha ikut campur dalam pemilihan Kongres AS pada 6 November.  Partai Republik melakukan dengan baik karena kebijakan perdagangan Tiongkok.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up