JawaPos Radar

Hanya Evakuasi, Airnav Tegaskan Tak Ada Blokade Bandara Palu

01/10/2018, 14:41 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Hanya Evakuasi, Airnav Tegaskan Tak Ada Blokade Bandara Palu
Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia membantah Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu diblokade oleh warga.

"Benar bahwa banyak masyarakat yang saat ini ada di bandara untuk dievakuasi. Namun tidak ada blokade untuk menghalangi proses penerbangan," kata Manager Humas Airnav Indonesia Yohanes Sirait, dalam keterangan resmi, di Jakarta, Senin (1/10).

Dia mengatakan saat ini personil Airnav tetap bertugas untuk melayani penerbangan (take off landing) di bandara Palu. Bahkan AirNav baru saja melayani 3 pesawat yang landing.

Adapun, pengaturan slot di Palu langsung dikoordinir dari Cabang Makassar, dimana Direktur Utama AirNav langsung berada di lokasi untuk memastikan ketersediaan dan pengaturan slot untuk penerbangan dari dan ke Palu.

"Kami juga mendapat informasi, bahwa pemerintah tengah menyiapkan moda lainnya untuk evakuasi warga mengingat keterbatasan jumlah penumpang di angkutan udara," jelasnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Pesawat boeing maupun hercules tidak bisa mendarat dan tidak bisa terbang dari Makassar-Palu maupun sebaliknya karena Bandara Mutiara sedang diblokade warga. Kabar itu mengatakan bahwa pemberangkatan lalu di-hold sampai suasana kondusif dan untuk waktu yang tidak ditentukan.

"Kami di lapangan aman-aman saja. Apron aman. Pesawat aman. Saat ini ada 3 pesawat mau landing di palu," kata Yohanes.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up