JawaPos Radar

Indonesia Siap Terima Bantuan Luar Negeri Akibat Tsunami Palu

01/10/2018, 14:07 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
gempa sulteng, gempa sulawesi tengah, tsunami palu, gempa palu,
Pemerintah Indonesia menyerukan bantuan internasional untuk menghadapi bencana gempa bumi 7,4 SR dan tsunami di Palu, Sulawesi pada Senin, (1/10) (Picture-Alliance)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Indonesia menyerukan bantuan internasional untuk menghadapi bencana gempa bumi 7,4 SR dan tsunami di Palu, Sulawesi pada Senin, (1/10). Hal itu disampaikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong di akun twitternya @tomlembong.

"Semalam, Presiden Jokowi mengizinkan kami untuk menerima bantuan internasional sebagai bantuan mendesak terhadap bencana," tulisnya di Twitter.

Dilansir dari Straits Times, para pemimpin dunia telah memberikan simpati dan juga keinginan untuk membantu. Termasuk diantaranya Presiden Singapura Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Presiden Korea Selatan Moon Jae In, Presiden Rusia Vladimir Putin, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres,  Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE) Federica Mogherini.

gempa sulteng, gempa sulawesi tengah, tsunami palu, gempa palu,
Uni Eropa berdiri di hadapan rakyat dan pihak berwenang Indonesia pada masa yang sulit ini (Reuters)

"Ratusan orang telah kehilangan nyawa mereka karena bencana alam mematikan yang telah menimpa Indonesia," kata Mogherini dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, (30/9).

"Uni Eropa berdiri di hadapan rakyat dan pihak berwenang Indonesia pada masa yang sulit ini dan kami telah menawarkan dukungan penuh kami. Uni Eropa telah mengaktifkan layanan pemetaan satelit Copernicus darurat untuk membantu pihak berwenang. Kami terus memantau situasi dan kami siap untuk memobilisasi lebih banyak bantuan," lanjutnya.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen di Facebook mengatakan, dia telah menulis surat kepada mitranya di Indonesia, pensiunan jenderal yang juga Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu untuk menyampaikan belasungkawa.

"Saya meyakinkan dia bahwa SAF (angkatan bersenjara Singapura) siap memberikan bantuan kemanusiaan. C-130 kami siap memberikan bantuan," kata Ng.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up