JawaPos Radar

Terjun ke Politik, Ini Program Ronny Sianturi Sebagai Caleg di Dapil 6

01/10/2018, 14:06 WIB | Editor: Dida Tenola
Terjun ke Politik, Ini Program Ronny Sianturi Sebagai Caleg di Dapil 6
Ronny Sianturi (kanan) yang akan menjadi caleg dari Dapil 6 Jawa Timur. (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com- Lama tak terdengar publik, musisi kenamaan era  90an, Ronny Sianturi kembali eksis. Saat ini Ronny putar haluan ke dunia politik. Dia mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan (PDIP). 

JawaPos.com menemui Ronny di sebuah kedai kopi kawasan Surabaya Selatan, Minggu malam (30/9). Bisa dibilang Ronny adalah politikus pendatang baru. Meski masih melakoni aktivitasnya di  tarik suara secara off air, Ronny sudah mantap terjun ke dunia politik.

Ronny menceritakan, baru sekitar Juni lalu dirinya resmi bergabung menjadi anggota partai berlambang banteng tersebut. Ronny didapuk menjadi caleg di daerah pemilihan (dapil) 6 yang meliput Tulungagung, Blitar, dan Kediri. 

"Sudah sejak dari dulu memang simpatik dengan PDIP. Lima tahun terakhir ini saja, sering ngisi sebagai MC (Master of Ceremony) acaranya PDIP," cerita Ronny.

Meski pendatang baru, Ronny tidak punya target menang. Hanya saja, sebagai kader partai, dia tetap merasa punya tanggungjawab untu mendulang banyak suara.

Ronny mengaku, tujuannya yang lain adalah untuk memenangkan Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Selain itu, juga untuk membawa PDI Perjuangan sebagai partai pemenang. "Tugas saya bukan menang. Meski memang punya kewajiban membawa visi dan misi partai. Ya, kalau pun terpilih, saya anggap itu hanya bonus," tambahnya.

Ronny sendiri sudah  punya ancang-ancang program. Yakni pemberdayaan ibu dan balita melalui posyandu.

Menyasar para ibu dan warga lanjut usia adalah sasaran putamanya. Ronny ingin mengumpulkan dan memperkenalkan mereka dengan pengetahuan tentang makanan sehat. 

Cara itu efektif menggugah kesadaran para ibu untuk memberikan asupan gizi yang cukup kepada anaknya. Meskipun Ronny sendiri sepenuhnya sadar, bila mengajak para ibu datang ke posyandu tidak mudah. "Kami tergantung pada kader PDIP. Karena memang agak susah ngumpulin ibu-ibu ke Posyandu. Sama seperti para ibu di Jakarta," lanjut mantan suami Atiek CB itu. 

Ronny tidak akan terpaku pada satu daerah yang menjadi dapilnya. Jika sudah berjalan, dia akan mengadopsi dan menerapkan cara kerjanya di daerah lain. 

Ditanya kenapa memilih posyandu sebagai program kerjanya, Ronnie punya alasan sendiri. Menurutnya, generasi bangsa dengan kualitas terbaik dimulai sejak dini. Tentu, harus ada jaminan kesehatan untuk memetik generasi berkualitas.

Anggota Trio Libels itu juga ingin menjadi bagian dari upaya menciptakan ibu dan anak yang nasionalis. Menurutnya, sudah semakin berkurang anak Indonesia yang cinta Pancasila dan ibunya.  "Tanggungjawab saya juga untuk menjaga generasi bangsa jadi sehat. Sambil kampanye juga. lakukan aksi kemanusiaan. Selain itu, juga supaya si ibu menjadi sosok yang nasionalis," pungkasnya.

 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up